Goa Maharani, Keajaiban Dunia ke 8

Didunia ada tujuh keajaiban, ditambah satu lagi Gua Maharani. Pesan dan kesan tersebut tertulis di pintu masuk Goa Maharani, dari Bapak Harmoko yang waktu itu menjabat sebagai Menteri Penerangan.

  

Agak berlebihan memang, tapi tidak sepenuhnya salah, karena Goa Maharani memang eksotik!

Goa Maharani terletak di Kabupaten Lamongan. Untuk mencapainya, dari arah Surabaya masuk ke tol dalam kota dan menuju ke arah tol Surabaya – Gresik, kemudian keluar di pintu tol Manyar. Dari pintu tol Manyar menuju ke lokasi berjarak sekitar 35 KM.

  

Goa Maharani terletak dalam satu komplek Wisata Bahari Lamongan (WBL). Terletak ditepi laut, dan merupakan tempat wisata yang menggabungkan berbagai jenis wisata dalam satu komplek. Ada Goa Maharani yang didalamnya terdapat juga Kebun Binatang yang meskipun tidak terluas areanya tetapi koleksi lumayan lengkap. Kemudian Pantai Tanjung Kodok, dan terakhir adalah amusement park seperti layaknya Dunia Fantasi di Ancol yang dinamakan Wisata Bahari Lamongan.

  

Untuk Pantai Tanjung Kodok dan Wisata Bahari Lamongan, sudah banyak padanannya di negri ini, malah mungkin banyak yang lebih bagus. Tetapi untuk Goa Maharani and Zoo, benar-benar eksotik, langka dan hanya sedikit tempat wisata alam seperti ini.

Harga tiket masuk untuk weekend/holiday adalah Rp. 25.000,-, sedangkan untuk tiket terusan yaitu ditambah dengan Wisata Bahari Lamongan adalah Rp. 70.000,-. Tiket berupa gelang kertas, yang jadi penanda bagi kita untuk bisa keluar masuk ke area.

  

Masuk dalam goa, kita disajikan pemandangan alam yang luar biasa. Goa yang luasnya sekitar seperempat lapangan bola, benar-benar membuat kita kagum akan kuasa Sang Pencipta.

Stalaktit dan Stalakmit hidup bertebaran di dalam goa. Stalaktit adalah batu karang yang terbentuk dari endapan kapur yang terjadi karena tetesan air dari atas, sedangkan stalakmit merupakan kerucut karang kapur yang muncul dari bawah. Stalaktit dan stalakmit biasanya berpasangan.

  

Stalaktit dan stalakmit di Goa Maharani masih hidup, kita dapat menyaksikan sendiri tetesan air dari celah-celahnya. Pertumbuhan Stalaktit dan stalakmit adalah sekitar 1 (satu) CM untuk setiap 10 (sepuluh) tahun. Bayangkan, berapa tahun waktu yang dibutuhkan untuk membuat pemandangan alam yang menakjubkan ini.

  

Masih didalam komplek Goa Maharani dan Zoo, terdapat juga Gem Stone Gallery, yang juga berada didalam goa yang lebih kecil. Koleksinya lumayan banyak, terdapat ratusan jenis fosil dan batuan dalam perut bumi yang telah berusia ribuan tahun!

  

Sangat eksotik, dan tidak rugi untuk melewatkan liburan atau kunjungan apabila ke Jawa Timur.

  

  

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Perjalanan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Goa Maharani, Keajaiban Dunia ke 8

  1. sasa berkata:

    waow ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s