Grand Livina Testimony…

Waktu pertama mutusin ganti mobil, ada 2 alternatif pilihan, Grand Livina atau Honda Freed. Banyak searching di internet untuk compare kedua mobil tersebut, disamping juga nanya-nanya langsung kepada user dari kedua jenis mobil tersebut, dan setelah dievaluasi mateng-mateng (hehehe) diputuskan untuk milih Grand Livina.

Setelah lama menunggu, akhirnya si Lipina datang juga. Perlu tiga bulan untuk indent mendapatkan unitnya, alamak!

Warna milih yang grey metallic. Warna yang sangat umum dan banyak berseliweran. Emang sengaja, karena konsep awalnya ganti mobil, kita ingin bermetamorfosis untuk ‘terkesan’ lebih mature. Tetangga mungkin heran kali, pertama mobilnya merah yang ngejreng tiba-tiba ganti ke warna abu-abu yang memang terkesan ‘abu-abu’, kurang berkarakter, hehehe…

Variannya pilih yang ultimate! Atau kelas tertinggi dari keluaran Grand Livina. Ada sebenarnya varian Highway Star, emang terlihat lebih modis dan trendy, harganya bener-bener beda tipis, 500 ribu rupiah lebih mahal. Tetapi setelah dibandingkan dengan fiturnya, rasanya lebih condong ke Ultimate. Fitur Ultimate lebih ke safety, didalemnya sudah mengusung Airbag (driver only for 1.5), Anti Brake System, Brake Assist dan Engine Brake Distribution. Apa itu masing-masing penjelasannya? Saya tuliskan di keterangan dibawah ya..

Sedang Highway Star, benar-benar unggul ditampilan fisik. Grille depan yang modis, rumah lampu sorot yang stylish terpadu dengan bemper depan yang lebih trendy. Velg-nya juga beda, ditambah side skirt untuk mud guard. Semua didesain khusus oleh Autech Japan Inc, rumah mode automotive yang masih termasuk  Nissan Group.

Sekarang mengenai transmisinya. Pasti matic! Karena memang itu alasan yang paling utama untuk melego kendaraan lama. Belum pernah punya pengalaman mengendarai matic sebelumnya, tapi karena yakin bahwa teknologi diciptakan untuk memudahkan manusia, saya percaya tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi.

Setelah tiga bulan menunggu berpanas-panasan (maksudnya karena gak ada mobil jadi kemana-mana naik motor berpanas-panasan, hehehe), Grand Livina 1.5 Ultimate Automatic datang juga di pertengahan Desember 2011. Liat sekilas penampilannya, keren dan keliatan mewah. Ada head rest monitor 2 buah di bagian belakang, jok kulit (walaupun sebenarnya gak full leather sih) dan sentuhan panel wood yang biasanya hanya nampang di mobil mewah. Space management-nya juga bagus, kursi pada baris kedua dan ketiga dapat dilipat sehingga benar-benar rata dan dapat dipergunakan untuk menampung bagasi extra. Banyak tempat untuk nyimpen pernak-pernik. Dibawah jok kursi baris kedua, juga terdapat ruang yang bisa digunakan untuk menyimpan barang berharga, karena letaknya yang tersembunyi.

Sekarang saatnya untuk test drive dan testimoninya.

Melongok pertama ke dapur pacu, engine yang diusung adalah kerjasama bikinan dengan fabrikan Renault dengan bahan dari aluminium yang membuat engine lebih ringan. Volume dapur pacu adalah 1500 CC yang dapat mengeluarkan max output 109 ps. Grand Livina adalah konsep sedan minibus, dengan body monocoque, yang membuat mobil ini lebih ringan. Bandingkan dengan Toyota Kijang Innova yang mempunyai berat 1640 Kg, kapasitas engine 2000 CC dan daya maksimal 136 Ps. Artinya, pada Grand Livina perbandingan berat dan daya adalah 11.1 Kg/Ps, sedangkan pada Kijang Innova yang memakai chasis adalah 12 Kg/Ps. Dengan kata lain, Grand Livina lebih powerful meskipun dengan CC yang lebih kecil.

Emang bagi yang terbiasa dengan manual, akselerasi sedikit dikorbankan di transmisi matic.Tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi dengan transmisi matic bagi yang sebelumnya menggunakan manual. Mungkin yang sering dilupakan oleh orang yaitu tidak memanfaatkan D2 ataupun D1 pada waktu udah berjalan. D2 ialah posisi drive pada waktu jalanan menanjak, atau bisa juga pada waktu jalanan menurun untuk mendapatkan efek engine brake. Sedangkan D1 untuk tanjakan atau turunan yang lebih tajam lagi. Manfaatkan D2 dan D1 ini terutama untuk jalanan yang menurun, Karena akan lebih safe.

Kecepatan belum dicoba sampai full throttle. Tapi sangat mudah mencapai angka 150 kpj dan masih menyisakan ruang untuk digas lebih dalam lagi.

Suspensi, swear, empuk banget! Sungguh, saya salut untuk suspensi dari Grand Livina ini, gak kalah deh dengan sedan kelas 2000 cc keatas.

Suara juga sangat sunyi didalam kabin. Yang mungkin agak mengganggu malah suara blower dari AC begitu dihidupkan, untuk yang satu ini, kayaknya Nissan harus menyempurnakannya, biar suara blower AC bisa lebih senyap.

Steer handling juga sangat nyaman, karena sudah EPS (Electrical Power Steering), sangat terasa enteng bermanuver tapi stabil pada kecepatan tinggi. Tetapi, Grand Livina cenderung sedikit over steering pada waktu di tikungan.

Sekarang mengenai konsumsi BBM. Dicoba beberapa kali untuk beberapa kondisi dan situasi jalan. Untuk pemakaian luar kota, bisa sampai 14.2 KM per liter, dan untuk pemakaian campuran dengan pemakaian dalam kota lebih sering bisa sekitar 11.6 KM per liter.

Saya coba terakhir ke Bandung, untuk pemakaian dalam kota yang super macet (85%), konsumsi BBM sekitar 7.9 KM per liter, tetapi untuk pemakaian di jalan tol ramai lancar (90%), konsumsi BBM mencapai 17.9 KM per liter. Semua dengan menggunakan BBM premium bersubsidi yang untuk masyarakat tidak mampu, hehehe.

Menurut saya termasuk irit untuk mobil dengan transmisi matic, karena sebelumnya saya memakai mobil Swift transmisi manual dengan bobot yang lebih ringan dan dapur pacu yang sama 1500 CC, maksimal hanya bisa mencapai 15 KM per liter.

Ada pengalaman temen saya yang juga mempunyai Grand Livina baru dengan transmisi manual, dengan BBM Pertamax untuk pemakaian luarkota, bisa mencapai 21 KM per liter, dan rata-rata untuk pemakaian dalam kota sekitar 14 KM perliter, sangat efisien!

Secara keseluruhan, bisa dikatakan bahwa kita mendapatkan value lebih dari harga yang kita bayarkan! HHmmm, kayaknya Nissan kudu bayar saya nih untuk tulisan di blog ini, hehehe…

Keterangan:

ABS, Anti Lock Braking System, system yang berfungsi pada saat kita melakukan pengereman mendadak, dimana sistem ABS akan memompa rem sebanyak puluhan kali per detik agar roda tidak mengunci sehingga arah dan laju kendaraan tetap dapat terkendali.

EBD, Electronic Brake-force Distibution, beberapa sensor yang ditempatkan untuk memantau bobot keseluruhan kendaraan beserta muatan untuk kemudian menyalurkan daya pengirimanyang sesuai untuk deselerasi yang lebih stabil serta berimbang.

BA, Brake Assist, Sistem tahu kapan daya pengereman maksimum harus digunakan dengan memantau seberapa cepat pedal rem diinjak. Saat pedal rem diinjak mendadak, sistem BA akan memberikan daya pengereman tambahan yang dibutuhkan.

Ketiga safety feature (ABS, EBD dan BA) diatas ditambah dengan Airbag hanya terdapat pada varian Grand Livina Ultimate. Sedangkan safety feature yang standar pada Nissan Grand Livina adalah: Side Impact Bar dan Collapsible Steering Column.

Side Impact Bar adalah pelindung pintu samping yang terbuat dari pipa baja yang sangat kuat melindungi penumpang terhadap benturan dari arah samping.

Collapsible Steering Column yang bekerja pada saat terjadi benturan keras dari arah depan, batang kemudi akan turun dengan sendirinya sehingga tubuh pengemudi tidak akan menghantam roda kemudi.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Opini dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

253 Balasan ke Grand Livina Testimony…

  1. donny berkata:

    Perlu ada setting ga, soalnya livina ane, kok cuma dpt 1:10 (dalkot), 1:12(luar). Atau cara bawa ane kali yang salah ya

    • ahmadramadlan berkata:

      Gak ada Pak, gak ada setting khusus. Punya Pak Donny matic juga kan? Untuk dalkot 1:10 dengan kondisi macet sangat wajar Pak, demikian juga untuk 1:12 luar kota kondisi normal dan bukan tol juga relatif wajar.

  2. pras berkata:

    Saya juga masih nunggu nih, informasi terakhir akhir bulan juni ini datangnya…..sama aja sudah 3 bulan nunggu….

  3. wulan berkata:

    Pak, saya msh menimbang utk membeli GL manual. yg paling utama konsumsi bbm nya krn per hr perjalanan +/- 75km dan selalu macet. Mohon pendapatnya. Trims

    • ahmadramadlan berkata:

      Konsumsi BBM yang manual, untuk jenis mobil apapun, memang lebih irit daripada yang matic. Biasanya berkisar sekitar 10-15% lebih irit daripada yang matic. Dalam beberapa referensi, GL keiritannya biasanya diperbandingkan dengan honda jazz maupun yaris, yang merupakan sedan hatchback, artinya dari segi space, GL lebih menang daripada sedan hatchback walaupun sama-sama 1500CC.

  4. tiwtiw berkata:

    Kalau ditanjakan gmn bos? Katanya kempos…bener ga?lg bingung antara freed dan GL nih

    • ahmadramadlan berkata:

      Yang saya rasakan gak ada kendala… Usahakan kalau tanjakan di D2, karena lebih bertenaga.. Untuk lebih meyakinkan, test drive aja keduanya…

      • prabowo iskandar berkata:

        setuju buat tanjakan sangat kempos gak bertenaga, dg catatan jalan menanjak kemudian berhenti krn kondisi jalan macet, untuk mulai jalan lagi terasa berat sekali kempos, (sy pakai livina manual 2013), selebihnya oke nyaman buat jalan mendatar dan lurus….untuk jalan tanjakan dan padat lalu lintas spt di Sumedang/cadas pangeran atau di Garut rasanya ketar-ketir. salam

  5. prabowo berkata:

    Caranya gas and glide gmn ?

  6. prabowo berkata:

    Juke gigi nya ada L itu buat apa y ?

    Dan gigi umum buat mobil matic apa, tolong sebutin kegunaannya masing2 ?!!

  7. prabowo berkata:

    Apakah body semua grand livina sama walaupun tipenya berbeda?
    Apa benar kelebihan dan kekurangan ini

    Nissan Grand Livina memiliki beberapa keunggulan pada fitur yang dibawanya, beberapa keunggulan yang dimiliki Grand Livina adalah:
    1. eksterior terlihat indah, dengan perpaduan desain yang stylish sporty dan mewah membuat mobil ini membawa citra pemiliknya pada kemewahan dan style modern. tambahan lampu kabut pada sudut bagian depan yang mampu membelah kabut saat mobil ini melewati jalur kabut seperti puncak.
    2. Interior yang luas dan menawan, airbag bagian depan, mulai dari kabin dashboard yang terbalut kayu, kursi yang sangat empuk dengan balutan kain lembut, 1 sistem audio video dengan LED yang terdapat pada kabin depan dan 2 LED yang ditempatkan pada belakang kursi depan sehingga penumpang memiliki pilihan hiburan sesuai selera.
    3. Pada bagian mesin konsumen diberikan dua pilihan 1,5 lt dan 1,8 lt, sistem transmisi tersedia baik manual maupun otomatis/automatic yang kesemuanya berteknologi CVTC yang lebih irit bahan bakar yakni 18,3 km/ 1 lt premium
    Selain keunggulan, ternyata  New Nissan Grand Livina Highway Star juga memiliki kekurangan yang banyak dikeluhkan pula antara lain:
    1. Untuk Grand Livina transmisi manual perlu diperhatikan sistem transmisi yang mengeluarkan bunyi saat mobil ini sudah menempuh 1500 km. hal ini bisa diatasi dengan mengganti secara berkala oli transmisi
    2. Pada pengendalian mobil ini saat menikung juga kerap terdengar bunyi yang mengganggu dug dug dug
    3. Indikator bahan bakar Nissan Grand Livina terbilang kurang akurat, saat tangki diisi lebih dari separo maka indikator bahan bakar tidak lagi akurat, apa lagi saat tangki diisi penuh indikator tidak mendeteksi tangki telah penuh karena indikator tidak dapat mencapai F
    4. Sabuk pengaman sering berbunyi saat suhu dalam mobil rendah

    Mohon tanggapanya

    • ahmadramadlan berkata:

      Pertanyaan yang sangat detail dan teknis sekali… Untuk beberapa hal, seperti bunyi pada waktu belokan, sabuk pengaman berbunyi pada suhu rendah, dan indikator bensin yang tidak akurat saya kok tidak mengalaminya ya??

  8. prabowo berkata:

    lebih bagus mn GL ultimate a/t dengan GL hws 1.8 a/t

    • sandi berkata:

      sy pake gl hws 1.8 at, overall top banget.
      sebelumnya pake yg gl 1.5 xv mt, kelebihanya :
      – exterior&interior unggul
      – safety unggul
      – fitur komplit
      – lebih senyap
      – mesin mantap
      – masih irit dalkot 1:9 – 1:10
      – suspensi nyaman
      – stabilitas & pengendalian ok
      kekurangan :
      – transmisi at-nya sayang hanya 4speed
      – coba transmisinya cvt
      – engine brake minim
      – bentuk bumper hws belakang culun
      – audio murahan
      – coba kalo ac-nya pake yg auto climate
      – jok kulit kurang empuk

      kalo disuruh pilih freed & gl sy msh unggulkan gl di banyak aspek

  9. pangeran andrews berkata:

    Thanks mas Ahmad atas info/sharingnya, sangat membantu dalam menentukan pilihan. Keep spirit..

  10. Yus berkata:

    Sv M/T saya tadi mlm ada gejala error di indikator bensin. Dari isi 3/4 tanki tiba2 turun menjadi kosong abis sampai lampu kuning nyala.
    Siang ini mau di bawa ke bengkel.
    Kayaknya nda bisa isi bensin di spbu sembarangan. Karena semlm saya isi di spbu non-langganan, mesin agak berat trus trouble gini.
    Ati2 aja gan..

    • ahmadramadlan berkata:

      Oh ya, kebetulan lipi saya tidak punya SPBU Langganan, saya dimana aja ngisinya, pas inget ya ngisi, dan alhamdulillah tidak ada gejala seperti yang agan sebutin. Mudah-mudahan hanya kasuistis aja Gan, dan semoga lipi agan cepat diketahui penyebab errornya.

  11. Syarif berkata:

    Selamat atas mobil barunya…..semua kenyamanan itu benar adanya. Saya pakai XV A/T sejak 2010 tidak pernah mengalami masalah sampai skg. Cuma sedikit repot kalau harus service rutin karena rata2 bengkel nissan kecil dan tidak sebanyak merk jepang lainnya. Gunakan fasilitas service appoitment biar ga repot walaupun pengerjaannya bisa setengah hari.

  12. yulvian berkata:

    Saalam kenal mas ahmad, saya baru mau beli gl sv m/t sudah ksh tanda jadi ke salesnya, tapi baru googling kok sepertinya banyak keluhan ya?terutama di pelampung bensin dan joint stirnya, mohon pencerahannya, mumpung belum dibayar lunas, karena terus terang agak was was juga…trimakasih sblmnya…

    • ahmadramadlan berkata:

      Salam kenal juga. Alhamdulillah, sampai saat ini saya sudah hampir 1 tahun menggunakan GL, dan gangguan tersebut tidak ada. Sebenarnya, sering kita dibayang-bayangi oleh ketakutan sendiri apabila membaca suatu hal yang negatif. Kasus tentang itu pasti ada, tetapi saya rasa tidak menjadi gejala umum. Ada baiknya bertanya langsung ke beberapa pemilik GL langsung mengenai hal ini, terutama yang udah pegang GL selama lebih dari 3 tahun. Terima kasih!

    • Sidik M berkata:

      Saya juga baru beli teh Vina tipe SV A/T, sejauh ini sangat memuaskan. Di awal sempat terjadi pemborosan BBM, tapi setelah di setel ke premium, alhamadulillah normal kembali. Utk teh Vina tahun 2013, semua keluhan sudah diantisipasi oleh pihak Nissan, jadi udah “No Doubt” lagi. Oh iya, kalo mau suspensi lebih nyaman saat di jalan rusak dan untuk melindungi kaki2, sebaiknya pasang Spring Buffer merek Hurricane, dijamin jalan rusak akan terasa nyaman, asalkan berisi 3-4 penumpang.

    • bagus berkata:

      pakai toyota inova saja.

  13. Andik berkata:

    Salam kenal Mas Ahmad, terima kasih atas reviewnya. Saya berenana menimang GL SV M/T.
    Sayangnya masih lama ini mobil keluarnya. Harus sabar bener ya.

  14. Widi berkata:

    Salam kenal Mas Ahmad…
    Alhamdulillah seminggu lalu, saya barusan ngandangin GL HWS 1.5AT ke garasi.
    Belum banyak bisa komen krn abis terima mobil, besuknya ke luar kota :D
    Sepintas, memang kayaknya kalo dibandingkan dgn Ultimate, HWS sgt unggul di eksterior.
    Untuk interiornya msh lbh lengkap yg Ultimate.
    Saya ambil HWS, karena itu varian nomer 1 utkGL, tapi kayaknya emang Nissan dalam merangking varian GL nya, agak tumpang tindih antara ultimate & HWS :p

    Utk teman2 yang mau ngandangin GL di garasinya, kalo ada tulisan2 miring/memojokkan GL, jgn langsung percaya. Krn katanya yg gitu2 itu adalah tulisan dari “penjual warung sebelah”.
    Kalo masih blm yakin, mending test drive langsung aja.. :)

    • ahmadramadlan berkata:

      Salam kenal juga Mas Barkah. Saya setuju kalo Nissan dalam merangking varian GL-nya agak tumpang tindih, misal sekarang untuk yang paling baru dari varian XV, grille depannya sama persis dengan varian Highway Star sebelumnya.
      Untuk ultimate dibandingkan dengan Highway Star juga unggul di safety equipment Pak, ultimate sudah dilengkapi dengan ABS, EBD dan BA, dan sepertinya HWS tanpa perlengkapan tersebut.
      Hehehe, ‘penjual warung sebelah’, itu masalah selera Pak, yang jelas GL termasuk rangking 5 produk terlaris, yang merupakan pengakuan pasar akan produk tersebut.

  15. Wawan setiawan berkata:

    Wah.. bnr tuh mas andi emang GL top abis sy aj yg awam soal mobil(krna blm punya he..he..) naksir abs sm GL apalgi yg ultimate doain ya br saya cpt2 punya G.livina idaman Amin

  16. Wawan setiawan berkata:

    Salam kenal mas ahmadramadan sy jg pengagum nissan Gl wlo pun blm pnya dan awam tntang mobil klo thn dpan ad rizky bt bli atw credit mobil sy ud mantap dr awal plh Nissan Gl minimal yg type xv/mt doain ya

  17. Irwan Solihin berkata:

    Untuk problem blower AC yang terlalu kencang, solusinya mudah… Ganti AC resistance-nya dengan kepunyaan Livina XR ( part no. 27150-ED000 )… harga sekitar 200 ribu di bengkel resmi Nisaan… dijamin mantaaaafff…. kalem, ga brisik…

    • ahmadramadlan berkata:

      wah solusi yg keren nih… Btw, apa tidak ada efek ke yg lain Pak, misalnya pendinginan yg kurang optimal, karena AC resistance tersebut dirancang untuk Livina yang volume kabin-nya lebih kecil?

      • Irwan Solihin berkata:

        Mas Ahmad, maap baru balas sekarang… Soal resistance AC, sejauh yg saya alami, jelas jadi lebih nyaman untuk penumpang depan dan pengemudi.. pun ngga brisik anginnya. Kalau memang kurang dingin, taruh di posisi 2, beres.. Setelah diganti, posisi 1 lebih pelan dari aslinya, posisi 2 sedikit lebih kencang dari posisi 1 yg asli.. Pokoke enak deh. Saya sendiri menggunakan Grand Livina 1.8 AT Ultimate 2010, sampe sekarang … Selama ini posisi blower selalu di posisi 1, jarang sekali beranjak ke posisi 2, tetap dingin mantaff.. Pindah ke posisi 2 cuma sesaat kalau baru masuk mobil habis diparkir di tempat terbuka dan matahari panas terik…

      • ahmadramadlan berkata:

        Wah, bisa saya coba nih, thanks Bung Irwan…

  18. budi berkata:

    selamat pagi mas ahmad…..saya ada rencana ambil GL 1.5 XV….cmn bingung nih mau yg M/T ato A/T…soalnya blom pernah pake transmisi A/T (masih awam)..mana yg lbh enak, di kota saya sih jarang ada kemacetan..thanks buat masukannya.

    • ahmadramadlan berkata:

      Beda fuel consumption antara yang matic dengan manual bedanya cukup banyak lho, sampai sekitar 20% lebih. Saran saya, bila kenyamanan menjadi tujuan dalam mengendarai karena mungkin sering macet ato jg nyopir sendiri, maka matic jadi pilihan, tapi bila gak terlalu macet, utamakan akselerasi, memperhitungkan juga konsumsi bahan bakar serta nilai jual kembali yg lebih tinggi maka manual dianjurkan.

  19. nissa berkata:

    malam dan salam kenal mas Ahmad, saya lg nimbang-nimbang beli GL XV a/t atau terios tx a/t. Karena sama-sama suka keduanya, walau beda kategori MPV dan SUV, tapi kok ya jadi bingung mau pilih yang mana hahahaa.. ada masukan ? :D

  20. Wawan setiawan berkata:

    AssalammualaikumPagi mas ahmad mw tanya bedanya Gl sv sm xv apa ya? Klo d liat sekilas ko sm ya?

    • ahmadramadlan berkata:

      Bedanya di accessories aja. sV varian terendah GL, dibagian belakangnya hanya trdapat tulisan Grand Livina saja. SV juga bemper depan dan belakang masih hitam, sedangkan XV warna senada body. Tutup spion juga masih hitam, dan handle pintu tidak chrome. Tidak ada mud guard di keempat roda dan juga tidak ada anti kabut kaca belakang. Pada interior, semuanya hitam, tidak ada list chrome sepwrti XV. Di pasaran, sepwrtinya populasi XV lebih banyak.

  21. Wawan setiawan berkata:

    AssalammualaikumPagi mas ahmad mw tanya apa smua type Gl d lngkapi mini screen ya?

    • ahmadramadlan berkata:

      Maksudnya mini screen? Kalo maksudnya mas Wawan mini screen adalah Multi Information Display, maka di GL tidak ada. Tapi kalo maksudnya monitor utk tampilanVCD dan DVD player, maka telah dilengkapi. Utk SV dan XV ada satu monitor dilangit2 tengah, sedangkan pada ultimate berupa dua buah head rest monitor.

  22. f4f berkata:

    kebetulan saya pemakai freed, yang sebelumnya juga galau sama gl. ada satu yang ternyata tidak saya temukan di grand livina selain psd…yaitu kabinnya jauh lebih bersahabat untuk anak2, walk through itu lho…bikin anti bosan

    kenyamanan saya rasa sama…
    mesin dan keiritan imbang…
    power akselerasi…ah ga penting2 amat, mpv ini (walopun untuk drag tetep bagusan freed katanya)
    safety….sama
    freed lebih easy to drive…
    grand livina banyak bonus…
    eksterior relatif, tetapi lebih banyak yang suka grand livina dibanding freed

    http://freed4fun.wordpress.com/2012/11/19/kebebasanku/

    • ahmadramadlan berkata:

      Hehehe, keluarga sy ada yg punya freed, yg sy suka teater view-nya kalo kita duduk di depan. Pilot seat emng bagus buat walk through, walopun kecil banget pitch-nya.

      Anyway, market yg menentukan, value yg mereka dapatkan compare dg price yg mereka bayar. Masalah selera. Thanks for coming Pak!

  23. Ping balik: Konsumsi Bensin Grand Livina Matic | X Power Ionizer Post

  24. hd_akmal berkata:

    Siang P’ Ahmad..
    saya ada rencana mau beli GL tapi masih bingung pilih XV manual or XV Ultimate ?
    Masalahnya baru kali ini saya mau memiliki mobil idaman untuk keluarga, saya sangat mendambakan kenyamanan dalam berkendara untuk keluarga saya,
    Rencananya mobil hanya akan dipakai untuk acara liburan saja bersama keluaraga tercinta..

    • ahmadramadlan berkata:

      Maaf mungkin maksud P Akmal, XV Manual apa Matic? Kalo mengenai transmisi sesuai selera Pak, kala memang kita sering menggunakan didaerah macet, lebih baik Matic, tapi kalo tidak terlalu macet lebih baik manual saja, karena dengan manual akselerasi lebih baik dan juga konsumsi bbm lebih irit.

      Kalo pertanyaannya milih XV apa Ultimate, juga sesuai selera dan keuangan Pak. Kalo value sih sebenarnya lebih bagus ultimate, karena meskipun lebih mahal, tetapi peralatan yang ada didalamnya terutama untuk safety seperti ABS, EBD dan BA hanya ada pada ultimate.

      • Mukmin berkata:

        Sugeng Ndalu,
        mohon sharing, saat pembelian GL dapat apa aja? Merchendise, discount dll?

      • ahmadramadlan berkata:

        Nah ini yang kita harus pandai-pandai Pak. Biasanya ada cashback, yang besarnya sebenarnya (mungkin) sama untuk tiap regional, tetapi ini yang biasayanya dijadikan variabel untuk nego oleh salesnya. Ada baiknya Bapak menanyakan juga ke dealer Nissan yang lain, sehingga dapat perbandingan, kemudian apabila udah dapat yang terendah, kembali lagi ke Nissan terdekat dengan lokasi Bapak untuk meminta hal yang sama kepada salesnya, atau bisa juga ambil yang dealer dengan penawaran cahback terbanyak.

        Untuk merchandise seperti biasalah Pak, ada kaca film, karpet dasar, dan pelindung hujan kaca samping. Bervariasi juga sih, Bapak liat aja list accessoris Nissan, terus minta ke salesnya untuk diberi tambahan accessories tersebut, biasanya sales akan cukup fair, apabila memang tidak bisa karena terlalu mahal ia akan mengatakannya, atau bisa aja minta diskon untuk accessories tertentu, yah pandai-pandailah Bapak untuk menawarnya aja.

  25. henry berkata:

    grand livina emang nyaman dan irit, kok saya baru dapat unit nya 20 september 2012 dan mengenai pemberitaan tentang GL mengenai jarum penunjuk isi bensin selama ini saya belum mengalami semoga tidak lah tapi emang enaaaaak tenan GL apalagi utk luar kota tidak capaek dibadan

    • ahmadramadlan berkata:

      Iya, bener Pak, saya juga tidak mengalami mengenai jarum penunjuk bensin. Mungkin itu kasuistik saja. Overall, saya merasa puas dengan GL :-)

    • mukmin berkata:

      Terimakasih Oom Ahmad, atas info nya. Saya masih berharap ada yg sharing, khususnya bagi yg br beli. dari dealer mana? Cashback nya brp?
      Renacana sih mo ambil jalur kredit, DP 120jt an, tenor 24 bln,biar ga terlalu berat nyicilnya, he he he…

  26. aisha berkata:

    siang om Ahmad, saya sudah DP mbl new GL HWS 1,5 kyknya oke banget ya, bisa ksh tau kelebihannya ga? udah ABS blom ya? mksh balasannya.

    • ahmadramadlan berkata:

      GL 1.5 HWS emng modis tampilan luarnya Mba. Kalo gak salah, untuk HWS tidak ada ABS (Anti Brake System)-nya, ini yang membedakan dengan ultimate. Harga HWS dan Ultimate kalau tahun kemaren bedanya sedikit dengan Ultimate, HWS lebih mahal. Selamat memakai GL ya Mba!

  27. hd_akmal berkata:

    Selamat siang P’ Ahmad,
    Apakabarnya, mudah-mudahan selalu dalam kondisi baik dan sehat selalu.
    P’ Ahmad saya pernah membaca ulasan seperti ini untuk Grand Livina manual, apakah hal ini benar, kalo memang seperti itu kondisinya apa dari pihak nissan sudah melakukan perbaikan dengan mengikuti kondisi di Asia khususnya Indonesia.
    Terima Kasih.
    Berikut kutipannya :
    ” Apa yang harus diperhatikan?
    Bagi yang hendak memilih Grand Livina 1.500 cc manual, Anda perlu memperhatikan kondisi transmisinya. Pasalnya, pada tipe ini kerap ditemui masalah ketimbang model lainnya. Salah satunya adalah bunyi yang cukup mengganggu.
    Memang Nissan hendak mengedepankan konsep irit pada Grand Livina dengan menggunakan transmisi yang efisien. Salah satu cara mengurangi beban mesin adalah dengan membuat celah antar-gigi transmisi yang bersinggungan dibuat sesedikit mungkin agar kerugian gesekan dapat diminimalkan.
    Sayangnya, transmisi yang diproduksi Renault ini dibuat dengan memperhitungkan kondisi di Eropa. Dimana suhu udara tidak terlampau tinggi sehingga sesuai dengan jenis oli yang digunakan. Berbeda dengan Indonesia, iklim tropis membuat suara berisik menjadi timbul. Dalam beberapa kasus, pelumasan di dalam transmsi menjadi kurang optimal dan berbuntut terhadap kerusakan.”

    • mukmin berkata:

      Oom Akmal, Transmisi yg dimaksud disini kayanya pertemuan antar gear (Surface area). Gear disini berbahan baja, yg memang mengalami pemuaian ( kembang-susut) terhadap temperatur lingkungan. Jika dingin dia menyusut, jk panas dia melar/membesar. Nah kalo iklim Indo dianggap lebih panas berarti surface area akan mmbesar. Artinya kutipan diatas bertolak belakang.
      Btw, Pabrikan sekelas Nissan pasti sudah mempertimbangkan suhu lingkungan terhadap produk yg akan dipasarkan.
      Jangankan Suhu lingkungan, yg sy tau bagi designer, data Lingkungan(Kondisi Jalan,Polusi, byk nya tanjakan, bayknya tikungan dll), kadar oksigen dalam udara, kadar timbal pd BBM setempat dan msh byk detail lain.

  28. Ping balik: Konsumsi Bbm Premium Grand Livina | Alat Penghemat BBM

  29. Ping balik: Grand Livina Premium Ato Pertamax | Alat Penghemat BBM

  30. Ping balik: Memperirit Bbm | Alat Penghemat BBM

  31. kholis berkata:

    terima kasih infonya, saya berencana mau membeli mobil GL yg SV MT, karena istri saya menginginkan mobil tersebut dan kebetulan saat ini kami juga belum punya mobil, semoga saya bisa segera membelikan mobil GL untuk lebih membahagiakan istri tercinta

  32. kholis berkata:

    terima kasih Pak, sebenarnya insya Allah ini yang kedua. Dulu pernah punya Xenia tapi karena pada tahun 2009 kecelakaan dan kerusakan mobilnya cukup parah sehingga mobil tersebut kemudian dijual dalam kondisi apa adanya di bengkel.

  33. omdion berkata:

    saya pernah punya livina 1.5XVAT tahun 2007 pas pertama launch. Biasanya mulai bermasalah setelah usia 1 tahun pemakaian. Pernah ganti indikator bensin 1x, shock breaker belakang kanan 1x dan joint steer 3x (setiap tahun ganti). Awalnya belok bunyi jeduk2 lama2 hilang power steeringnya dan berat sekali stir, sangat berbahaya jika sedang dikemudikan. Sampai akhirnya saya jual ditahun ketiga. Semoga GL sekarang sudah ada perbaikan. Amin

    • ahmadramadlan berkata:

      Oh ya, sharing yang menarik nih. Boleh tahu typical pemakaian GL-nya sehari-hari? Seperti kondisi rute, dan juga km-nya? Saya sudah tahun persis pegang, alhamdulillah sampe sekarang perawatan berkala saja.

      • omdion berkata:

        rute dalam kota jakarta pak. 1x dipake mudik ke jawa. Layanan beresnya cukup bagus yang penting bisa mendetailkan komplain akan diganti. Tapi capek banget bolak-balik ke bengkel. Saya sampe sekarang masih trauma saat tiba2 steer terasa SANGAT berat saat sy pake menuju kantor, gugup, stress, panic karena masih 6km lg ke kantor, mirip mobil jadul waktu pertama belajar mobil tahun 95 dulu. Mungkin ini risiko beli mobil batch pertama (2007). Saya pikir waktu diganti akan back to normal tapi hingga 3x penggantian gak memuaskan akhirnya saya jual. Trauma!

      • ahmadramadlan berkata:

        Iya Pak, mungkin itu resiko batch 1, kemaren sy ke bengkel nissan utk ganti resiator AC agar bisa lebih hening, terus dr pihak bengkel menawarkan untuk dipasang filter AC tambahan, katanya utk Nissan GL th 2012 belum ada, baru produk th 2012 yg sudah ada, itu artinya penyempurnaan terus, dengan belajar dr kelemahan produk yg udah dikeluarkan sebelumnya…

  34. Andik berkata:

    Maaf pak mau tanya lagi nih. Ini yang di compare GL sama Freed ya?
    Koq gak di Compare sama ertiga. Klo menurut anda bagaimana dibandingin dengan Ertiga?
    Mana yang lebih worth it ?

    • ahmadramadlan berkata:

      Sebenarnya tidak head to head di compare dengan Freed Pak, karena saya tidak menuliskan disini plus minus dari Freed, hanya subjektifitas saya akhirnya memilih GL daripada Freed setelah saya membandingkannya sendiri…
      Mengenai dengan Ertiga, pada waktu artikel ini dibuat Ertiga itu belum ada…

    • sandi berkata:

      masih ok gl pak, sy sdh test ertiga.
      mungkin ertiga menang sound saja lebih nyaman suaranya dibanding sound gl

  35. John berkata:

    Sore Pak Ahmad.. Saya juga pengguna Ultimate 1.5 A/T Des 2011. Sepanjang ini memang belum ada keluhan berarti, akan tetapi sekali waktu (kerumah ibu) roda depan saya belokkan kekanan full ada bunyi krek.. dengan kondisi jalan masuk rumah yg agak tinggi (jembatan rumah). Ini kira2 ada apa ya.. Sudah saya bawa ke beres tapi tidak ada apa2.. sekarang pun tidak apa2. Jadi aneh saya.

    • ahmadramadlan berkata:

      Hhmm, apa ya Pak… Sulit untuk memastikannya, dan apabila sekarang sudah tidak ada dan tidak pernah timbul lagi, mungkin saja bukan timbul dari suara GL Bapak. Atau bisa juga, itu adalah suara ‘derik’ dari steering system yang pertama kali karena mencapai posisinya yg paling ekstrim (terluar), keemudian suara itu tidak ada karena kemudian sudah terkena pelumas, sehingga suara !derik’ itu hilang, itu dugaan saya Pak.

    • omdion berkata:

      Mirip kejadian di GL 1.5xv at saya dulu pak. Belok mentok bunyi ‘jeduk’ atau ‘glek-glek’, jaman dulu kalau komplain akan dikasih greese dulu kalau kejadian lagi dan kita komplain dg justified akan diganti. Semoga masalahnya gak separah punya saya dulu atau sukur2 berbeda.

  36. Ping balik: Konsumsi Bbm Grand Livina 2012 | Alat Penghemat BBM Merk XPower

  37. satya nurhadi berkata:

    assalamualaikum. selamat siang.

    dalam beberapa bulan ke depan, kami sekeluarga berencana membeli mobil baru. saya pribadi, cenderung ke grand livina. tapi ayah saya cenderung melirik nissan evalia. alasannya, evalia lebih luas, bisa menampung barang lebih. kebetulan kami adalah keluarga pedagang, jdi sering kulakan.

    cuma bagi saya, evalia desainny kakuuu sekali. kotak. jelas berbeda dgn nissan GL ini. ya semoga saja ayah bisa ganti pandangan supaya melirik GL. btw, ulasannya sangat menarik. biar saya sodorkan ulsan ini pd ayah saya.

    makasih.

    • ahmadramadlan berkata:

      Kalo utk barang, pada GL kursi deret kedua dan ketiga bisa dilipat dan bener- bener rata sehingga bisa mengangkut barang lebih banyak, sedangkan pada evalia, meskipun kursi penumpang udah dilipat, tetapi tidak rata, sehingga lebih ‘mengganggu’…

  38. fitri berkata:

    Saya berencana mau beli GL SV M/T dan sudah DP, mski sbnrnya kalo compare dg grade Nissan yg lain nya saya lbh suka yg Ultimate. Tapi..nyesuain budget nya..[н̲̅e̲̅н̲̅e̲̅н̲̅e̲̅] ckp nya beli GL SV.
    Bagaimana menurut Bapak dg tipe SV?
    Karena kalo dilihat dr spesifikasi nya, untuk exterior, parking sensor,dll memang blm ada dibanding grade yg diatasnya. Adakah pertimbangan/masukan nya agar saya bisa lebih memantapkan lagi jd ambil GL SV nya?
    Karena sblmnya saya blm prnh memiliki mobil sendiri, awam bgt&tdk mengerti banyak tntg mesin dll. Ini jg masih proses kursus stir, baru bbrp kali latihan :)
    Terima kasih

    • ahmadramadlan berkata:

      Banyak yang menyatakan bahwa GL ini over spec dibandingkan dengan rivalnya seperti *v*nz* maupun *rt*g*. Untuk kelas terendahpun (SV) sudah: velg racing, safety belt untuk row #2, rear wiper, electric mirror, Central Lock, all power window dan CD Player. Biasanya, fasilitas tersebut tidak terdapat pada kelas terendah di merk yang lain. Menurut saya, sudah pilihan yang tepat mba!

  39. ayahfatih berkata:

    Grand Livina pilihan tepat mba, apalagi sekarang harga turun. Awal 2012 keluarga kami beli GL SV MT 164 juta Sekarang dengan type yang sama 150 juta (karena diskon 25juta) plus bumper bawah depan belakang dan spion sewarna body, spion elektrik dan LCD. Worthed sekali harganya. Nyamannya di atas fre*d dan inno*a

    • ahmadramadlan berkata:

      Setuju Om, kita mendapatkan value lebih dari price yang kita bayar. Cuman kadang kita bingung, kadang segmentasi typenya agak tumpang tindih, di ultimate untuk row ke 3 tidak ada safety belt, tapi di XV malah ada, bumper yg baru utk XV sama seperti HWS, jadi kebanting kan ultimate. Yg jelas semua type ada monitor dan keyless entry, itu tuh sangat jarang terdapat pada merk lain dengan varian terendah…

      • hd_akmal berkata:

        Sore P’ Ahmad…
        Jadi kalo ultimate ke banting sama XV, gak jelas selisih harga yang dibayar buat apa tuh P’…?
        P’ Ahmad kalo boleh saya tahu, kira2 untuk GL akan ada plan untuk ganti body tidak ya, seperti yang telah dilakukan avanza dan saudara kembarnya.
        kalo tidak salah GL lahir ditahun 2007 ya, seperti nya dah layak untuk lakukan penyegaran, selama ini hanya lakukan minor change saja, kalo ada info tolong share ya ?
        Rencananya bulan 3 tahun depan saya mau mau pesan 1 unit , takutnya bulan 3 ambil ternyata gak lama lagi ganti body tuh…
        Terimakasih…

      • ahmadramadlan berkata:

        Hhmmm, mengenai perkiraan pergantian model bisa ditanyakan lgsg ke salesnya, atau dengan gali informasi di internet dan majalah2 otomotif. Sepengatahuan sy belum ada rencana pergantian model yg drastis, kalo minor change sepertinya rutin dilakukan pabrikan. Mengenai timing membeli, kalo gak salah akan ada rencana kenaikan PKB mulai tahun depan, sehinga nantinya akan ada kenaikan harga yg lumayan signifikan. Dan membeli di akhir tahun sering kita mendapatkan banyak bonus dan cashback, sebagai pertimbangan aja.

  40. Andik berkata:

    Kemungkinan GL akan ada facelift di bagian grille dan lampu belakang.

    http://autos.okezone.com/read/2012/10/10/52/701861/ini-tampang-nissan-grand-livina-facelift

  41. dhiska_paradhita berkata:

    Salam pak ahmadramdan
    Saya rencana mau beli mobil GL awal tahun depan, mohon pencerahannya pak varian GL apa yg paling di refferensikan sama pak ahmad, sebelumnya saya mau membeli GL tipe ultimate manual karena posisi saya di luar kota, terimakasih, salam

    • ahmadramadlan berkata:

      Menurut saya ultimate sudah pilihan yang tepat: beda ultimate dengan XV adalah: lampu sign pda spion, panel kayu pada dashboard, persneling dan stir, jok kulit pada semua kursi, ash tray dan cover, 2 head monitor bagian belakang, audio yg lebih baik dan yang utama adalah ABS, EBD dan BA..

      • dhiska_paradhita berkata:

        Ok pak ahmad tks infonya, tapi kalo g salah yg XV sudah termasuk ABS, EBD dan BA juga y, kalo GL ultimate sama HWS beda signifikannya apa pak, terimakasih, salam

      • ahmadramadlan berkata:

        Kalo Airbag di XV udah ada. Untuk ultimate dan HWS, bedanya di grille depan, velg, jok kulit, panel wood, side dan rear mud guard, itu setahu saya Pak. Kalo ABS, EBD dan BA sudah ada di XV, setahu saya belum Pak, mungkin bisa konfirmasi ke dealer Nissan.

  42. Ping balik: Penghemat Bensin Grand Livina | X Power Penghemat BBM

  43. hd_akmal berkata:

    Sore P’ Ahmad…
    Dengan CR sebesar 10,5:1 untuk mesin Grand Livina harus nya memakain BBM apa? setahu saya kalau CR sudah diatas 9,2:1 harus pakai BBM jenis pertamax, tetapi banyak orang yang masih memakai premium, apakah itu dibolehkan ? lalu pakai BBM apakah yg paling baik itu mesin yang mepunya CR seperti itu, mohon pencerahannya..P’?

  44. nisa maretta berkata:

    trims p ahmad,infony sgt membantu.sy n suami sy rencnany mw beli mbl klga akhr thn ini.ktny cashbackny bs smpe 25 jtan.nah,klo utj keluar kota,jalanny kn agak jelek tuh.lubangny kdg ada yg dalem,kira2 GL ‘nyangkut’ gk y d jln yg kyk gt?klo utk dlm kota si aman.trus,utk suku cadang mudah d dpt kn pak?trims info ny.amat sgt d tgu balasanny

    • ahmadramadlan berkata:

      Mengenai ground clearance (jarak terdekat antara tanah dengan bodi, GL cukup baik Bu, dia berada diantara sedan dan MPV. Kalau saya bilang, GL itu MPV dengan kenyamanan sedan. Sejauh ini saya tidak punya pengalaman nyangkut yang berarti. Untuk suku cadang tersedia banyak, karena bengkel Nissan relatif mudah ditemui. Hanya saran saja, apabila ingin melakukan maintenance ke bengkel Nissan, reservasi dulu, karena sering penuh, mengingat populasi Nissan yang juga semakin banyak.

  45. moan berkata:

    pak ahmad,saya ada rencana meminang gl,yg diperuntukan memperluas usaha (rental)kira2 sang calon ketahanannya bgmn pak?mgkn angka di odo akan tinggi!trims,mohon penerangannya pak

    • ahmadramadlan berkata:

      Kalau faktor endurance dengan melihat angka odometer dan frekwensi pemakaian tinggi, GL termasuk yang sudah tebukti Pak, bila dilihat bahwa rentang produksi yang cukup lama bertahan sampai sekarang. Untuk segmentasi pasar dan menyediakan opsi yang banyak bagi customer saya rasa bisa aja Pak, siapa tahu akan menjadi pilihan favorit karena kenyamanannya, tapi terus terang saya jarang melihat GL disewakan :-)

  46. maprudi berkata:

    saya mewakili kluarga dan orang tua ingin sekali memiliki kndaraan GL 1.8 HWS smg bs trwujud dalam waktu yg tdk lama amin…. mohon do’a dan dukungan dari smw pihak yg terkait….

  47. maprudi berkata:

    mohon balasan khususnya dari bpk ahmad ramadlan sbg senior tolong sms balasannya ke no 085268576288 karena saya jarang buka internet hanya klo da wkt senggang saja… demi meraih impian memiliki mobil kluarga prtma dlm seumur hidup mohon bantuannya…. saya dari kota metro bandar lampung mengucapkan terima kasih sebelumnya…

  48. Ping balik: Penghemat Bensin Grand Livina | Auto World

  49. nico berkata:

    penjelasannya lumayan detil om..
    kmaren bru ambil Gl XV, nih lg nunggu kiriman..semoga mslah yg lg marak diatas bkan suatu mslah ciri.khas ya om..
    mungkin para konsumen diatas cma pas ktmu mslah itu doang..

  50. zul berkata:

    dear pak ,salam kenal…nanya.. ultimate dimat
    aram harga cash otr 232 jt cashback 16 jt ada info yang dibawah segitu. ga ya cashbacknya??? makasih sebelumnya

    • ahmadramadlan berkata:

      Sebagai informasi, pada Des 2011, sy membeli ultimate dengan harga Rp. 199.5 juta. Kalo dilihat dengan lokasi bapak di Mataram dan total setelah cashback harga nett Rp 216 juta, saya rasa tidak ada kenaikan yang signifikan dari Grand Livina. Cashback biasanya ada patokan maksimalnya, dan menjadi ‘mainan’ dari sales untuk tawar menawar, bila ada dealer Nissan lain bisa saja Bapak perbandingkan, selain itu, apabila cashback sudah maksimal, Bapak bisa nawar dengan meminta tambahan accessories…

  51. Herwin P berkata:

    Alhamdulillah saya pake ultimate 1.5 belum ada masalah, malah saya merekom kan kawan2 saya untuk ambil gl.. Irit bbm, senyaman sedan, ruang kabin luas…

  52. Andrew berkata:

    saya pemakai GL type SV sejak Juni 2012, kenyamanannya memang bisa dibanggakan, bahkan waktu perjalanan Jauh dari Jakarta- Semarang-Jogja-Semarang-Jogja-Jakarta tidak ada masalah.
    tapi belakangan ini saya mulai mendengar bunyi ciiitt…cittt, terdengar dari ruang Mesin ketika lepas Gas.
    kira-kira masalah GL saya apa ya, mohon pencerahannya. thanks

  53. Fernando berkata:

    Sy rencana beli gl type sv thn ini, list Rp 193 jt., tp kok sblmny sales kasi diskon Rp 12 jt, tp blkgn sy rencana beli type xv aja. Sy tny bs tambah lg gk diskonny, eh salesny jwb bs diskon nett Rp 18 jt. Sy inginny diskon sampe Rp 25 jt. Bisa gk ya.., soalnya sy mw beli tunai aja. Pusing kalo kredit.

    • ahmadramadlan berkata:

      Ada batas maksimal dari cash back Pak, coba nego lagi dengan salesnya siapa tahu masih bisa digoyang. Kalo salesnya sudah tidak memberikan cash back lagi karena sudah maksimal, coba Bapak tawar lagi dengan hadiah seperti accessories.

  54. rudy berkata:

    saya baru beli(jan 2013) new nissan grand livina tipe XV Automatic. yang saya rasakan mobil ini naikkannya tidak nyaman. suspensinya keras sekali(Atos), kalo ada lubang bunyi “glodak” ato jalan ga rata bunyi “duk duk duk”, buat kepala pusing. saya komplain di nissan katanya memang yang new grand livina sekarang suspensinya lebih keras/atos dibanding yg dulu. indikator bensin juga ga bener, isi premium 175rb full, baru dipake jalan 100km uda turun separo. boros lagi, luar kota/ dalam kota sama aja borosnya. Nyesel banget beli mobil ini. uda gitu pelayanan salesnya sangat mengecewakan, janji bonusnya banyak yg ga bener.

      • bams berkata:

        kok cuma hmmm saja pak ahmad. Saya baru saja mau order Ultimate matic, tapi membaca tulisan pak Rudy di atas kok jadi ragu ya.

      • ahmadramadlan berkata:

        Hhmmmm,,,, artinya saya lagi mikir Pak :-)
        Btw, ada baiknya test drive dulu Pak kalo beli, kalo udah puas baru bungkus!!
        Kalo saran saya, jika ragu mending jangan Pak!

      • Fajar berkata:

        Sama seperti keluhan pak rudy di atas, tp keluhan saya cm 1 pak ahmadramdlan. Yaitu sektor suspensi. Saya pemakai GL type HWS Autech pembelian bln Mei 2012, saya merasa suspensinya cukup keras terutama yang bagian depan. Sebelumnya saya pernah merasakan mobil saudara2 saya diantaranya Innova & Kijang Krista. Bahkan bln lalu shock dpn sempat saya tukar dgn shock GL keluaran awal (versi sblm facelift), karena pernah konsul ke bengkel Nissan Jemursari Sby katanya memang shock GL versi facelift dibikin agak sdkit keras krn sering terdengar keluhan shock gampang bocor pd GL versi awal. Diantara para pengguna GL disini apakah ada yg merasakan hal serupa dg saya??

    • Andik berkata:

      Saya juga baru beli New GL seri SV malah ( Des 2012 ) , tapi koq beda ya yang saya rasakan koq beda ya. Suspensinya empuk banget, nyaman, kabin senyap. Dan klo masalah bensin saya kira irit koq. Pasuruan – Denpasar dengan jarak 356 km cuma habis sekitar 100 rb aja.

    • Kezia berkata:

      Saya jg alamin yg pak rudi rasakan, saya sedang claim ke nissannya, bener, nmi bilang emang normal spt itu, tp saya tetap tidak terima pak,saya akan trus coba claim dan coba dgn unit yang lain, krn setau saya tidak ada bunyi spt itu. Pak rudi tinggal di mana ? nanti kita bisa sharing pak mengenai masalah ini.

  55. Nabil berkata:

    Alhamdulillah, akhirnya saya juga kepincut sama GL ultimate 1.5 matic. Sekarang sudah seminggu ini jalan menemani saya dan keluarga, yang saya rasakan selama seminggu in performa GL sangat memuaskan, mudah2an bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Mengenai interior, tertulis bahan pelapis jok adalah kulit hanya saya agak ragu dengan teksturnya apakah betul bahan tersebut murni kulit? mengingat kelenturannya yang berbeda dengan jok kulit umumnya dan bagaimana merawatnya?

    • ahmadramadlan berkata:

      Type yang juga saya miliki Pak, saya beli akhir desember 2011 yang lalu, dan alhamdulillah sampai sekarang lancar-lancar saja. Untuk kulitnya, sepertinya memang tidak full leather Pak, tapi bagian tertentu saja seperti pada bagian tengahnya. Untuk perawatan, saya belikan leather cleaner saja Pak, yang banyak tersedia di toko accessories…

  56. Lantip berkata:

    Mas Ahmad, kalau yang kelas paling murah untuk keluaran 2013 New GL type S M/T kekurangan utamanya apa mas? dan kalau beli cashbacknya bisa dapat berapa ya …:)? Thanks!

  57. Ping balik: Testimoni Pengguna Xpower | Penghemat BBM No.1 Post

  58. moan berkata:

    halo pak ahmad apakabar?semoga sehat & sukses selalu utk bpk & keluarga…amin YRA,setelah menimang dan menunggu 1 bulan stlh tahun bru dgn mksd liat pergerakannya pak,hehehe akhirnya diputuskan utk melamar gl hws 1.5mt harga 211.6jt cash back 17jt + kc film full smp dpan,dudukan plat,kc.steer,curve pillow,luggage nett,kalu yg xv bonus sama cm cb bisa smp 22jt!utk mobilitas tinggi smp km brp ya pak,yg bpk tau gl msh ok?meluruskan pak,disewakan tp ttp dgn driver lbh ke droping bandara ke tujuan..

    • ahmadramadlan berkata:

      Insya Allah pilihan yang tepat Pak. Sampai KM berapa saya kurang tahu, tapi mobil GL temen saya yang udah usia 6 tahunan masih mulus dan tidak rewel tuh Pak… Semoga bisnisnya makin lancar…

  59. ihsan berkata:

    Sebaiknya ac itu di service setelah berapa km yha? Maunya cuma ganti freon aja, aku pake GL 1,8 ultimate….overall…puasssss

    Gimana kalo cm ganti freon aja

  60. ihsan berkata:

    Saya sharing..dan mohon diinfo yha….
    Saya pengguna GL 1.8 ultimate manual, beli thn 2011 awal, sekarang berjalan hampir 2 thn, dan km sudah 51000, krn sering d pake bandung, semarang bahkan kadang k malang. Secara overall saya puas banget, nyaman dan larinya kencang, pernah aku coba lari di tol bdg ke jkt…190km belum habis gas, kalo cm utk lari 140km sering banget….
    Yg sy rasakan sekarang…rasanya suspensi kurang stabil, dan ac jg belum pernah d service…
    Karena msh dingin, Gimana kalo ac cuma diganti freon aja…krn setau saya kan ac itu ada olie nya jg….jadi ganti freon kan ganti freon kan ganti olie ac juga

    Terima kasih sebelumnya

  61. Ping balik: Mobil Pengguna Xpower | Penghemat BBM No.1 Post

  62. Rizal berkata:

    Ass pak Ahmad
    Saya belum bisa beli GL yang baru, cukup yg seken 2009 GL 15 XV A/T bbrpa hari yg lalu
    Mau tanya fungsi O/D itu buat apa ya
    terus apa saja kekekurangannya,
    Tks pak Ahmad
    Wass

    • ahmadramadlan berkata:

      Jika gigi diarahkan ke posisi D, kondisi defaultnya adalah Over Drive ON, yang memungkinkan pertambahan gigi otomatis sampai pada posisi overdrive. Posisi O/D di OFF kan jika menginginkan tidak ada pertambahan gigi otomatis, seperti untuk mendapatkan efek engine brake pada waktu menurun dll.

  63. moan berkata:

    amin…iya pak Ahmad,semoga ke depannya lancar jaya,dan setelah lepas 1000km pertama,baru ada penyesalan saya ambil gl hws 1.5mt!penyesalannya…KENAPA GAK DARI DULU AJA SY AMBIL!!hehe,overall nyamannya jauh utk kend skelasnya,dnger sparepart mahal??bgi saya yg sring kluar msuk bengkel(krn service armada rental) kok gak mahal ya??recommend bgt dh glnya??mgkn pak Ahmad klu bth ke bandara bs d jmpt pak!hehehe

  64. indra n berkata:

    minta masukan saya pengguna freed, mau mencoba gl, rekomendasi untuk yg 1,5 baiknya pesan yg hws apa yang ultimate ya….? mks

    • ahmadramadlan berkata:

      Kalo tidak ada perubahan spesifikasi, untuk yang HWS lebih ke tampilan luar pak, dengan desain dari Autech, seperti grill depan, side skirt dan velg ban yang memang beda (dan emang bagus, hehehe), kalo ultimate lebih banyak ke safety equipment seperti ABS, EBD dan BA. Kalo tampilan dalam, untuk wood panel adanya malah di ultimate, sedangkan HWS warna silver saja. Kalo saya pribadi lebih cenderung ke Ultimate pak, karena didalamnya juga terasa lebih mewah dengan adanya wood panel…

  65. indra n berkata:

    yg ultimate sudah pakai teknologi autech belum

  66. swip berkata:

    Halo om ahmad, saya baru ambil GL 1.5 Ultimate 2013, secara sudah kesengsem sama GL waktu awal keluar dan baru kesampaian skrg, sempet cek ke forum soal GL baca minus-minusnya, dan skrg saya sih belum ketemu itu minus2nya dulu… maklum SNTK blm ada tapi GL sdh 330KM berjalan, mungkin sudah perbaikan dari Nissan…. (kecuali minus blower ac yang dingin bgt… hehehe) FC 1:11 dalkot JKT premium.

    • ahmadramadlan berkata:

      Alhamdulillah, akhirnya tercapai juga :-)
      Oya, Ultimate-nya yang Matic apa Manual Pak?

      • swipmail berkata:

        Matic pak, sepertinya ultimate tidak ada manualnya CMIWW.. Padahal HWS aja ada versi manual dan matic…

      • ahmadramadlan berkata:

        Iya, trnyt gak ada Matic untuk Ultimate (waktu saya beli tahun 2011 akhir, kok sepertinya ada ya..). Konsumsi BBM irit ya Pak, saya pernah coba di Cipularang, dari Bandung – JKT, bisa mencapai 1:18, toll only, cukup excellent!

      • swipmail berkata:

        Maksudnya ultimate di 2012-2013 tidak ada yg versi manual pak… FC lumayan irit pak dibanding mobil saya sebelumnya (iyalah CC 2000 hehehe) si jeng lipi blm saya explore lebih jauh sih pak… Sengaja ambil 1.5 biar irit.. Trus kalo 10 thn kedepan mau swap engine ke 1.8 bayar pajak tetep kena yg 1.5 hehehe… Oh iya sdh ada lampu kabinnya… Kalo thn 2011 sdh ada apa blm ya pak?

  67. ganang berkata:

    mau kasih komentar sedikit. saya pemakai GL XV 2011 akhir, saat ini tidak ada kendala berarti, lari 150km/jam ngga trasa bergetar, jalan bergelombang ngga limbung,ac dingin banget (tp rencana mau dikasih filter ac,karena pembuatan 2012 kebawah blm ada filter ac),posisi menyetir sangat nyaman, tidak terasa capek beda sama ava*z*, bensin irit banget.

    • ahmadramadlan berkata:

      Iya Pak, swmoga terus lancar dengan GLnya dan jangan lupa: Safety First! :-)

      • ganang berkata:

        kalau safety itu sudah pasti, tp namanya dijalan pasti ada masalah, dari kaca depan pecah sampai di tabrak dari belakang sudah saya alami . . . .
        oia… sudah aada belum GL XV yang pake bumper autech, kata mekanik nissan di semarang, kalo mau ganti bumper autech yg baru tinggal plug and play saja, ngga ngrombak dudukan, bener ga? (GL perakitan 2012 kebawah)

      • ahmadramadlan berkata:

        GL XV yang baru pake grille autech Pak. Ia, tinggal plug and play, dan harga berkisar seperti yg bapak sebutkan. Sayangnya tidak bisa trade in, hehehe….

  68. vina berkata:

    Beda XV sama SV apa ya Pak? di jalan banyak ketemu yang XV daripada SV. Rencana saya mau ambil yang SV. tidak ada masalah untuk yang SV kan? mohon informasi nya. Trim’s

    • ahmadramadlan berkata:

      SV adalah varian terendah dari GL. Perbedaan hanya di accessories saja. Yg beda dg XV pada SV misalnya bumper belakang, dan spion yg warnanya tidak senada dg body. Non chrome handle. List chrome pada panel dashboard, non rear anti fogging dan perbedaan kecil lainnya.

  69. robert berkata:

    salam pak….
    rencananya saya mau beli Nissan GL yg type S, dan langsung saya mau ganti grile dan bumpernya dengan autotech, bisa gak tu ya??
    konon kabarnya biaya 6-7 juta ……. dan rencananya setelah saya ganti baru saya asuransi kan …..
    dan ada juga sales yg bilang kalo type s standar banget, beda jauh ma sv, katanya velg kaleng, tidak punya power window, namun saya check di nissan.co.id itu semua gak benar, di brosur pun sama dg nissan.co.id….. apakah itu tipu tipu sales ya????

    • ahmadramadlan berkata:

      Type S maksudnya type SV? Sepertinya yang paling terendah adalah type SV. Pernah saya denger kalo GL akan merilis type dibawah SV, karena SV meskipun terendah masih dianggap overspec dibanding kompetitor. Meski merupakan varian terendah, SV sudah power window, electric mirror, velg racing, central monitor utk entertainment dan rear wiper. Biasanya kelengkapan diatas ridak tersedia pada varian terendah kompetitor…

    • Andik berkata:

      Mungkin saya mau sedikit nambahin untuk type terendah memang benar type S.
      Soalnya dulu saya juga mau beli type S tapi akhirnya jatuh ke SV.
      Untuk type S berikut beberapa speknya :
      1. Velg sudah alloy tapi menggunakan model yang lama.
      2. Spion masih manual
      3. Belum ada alarm
      4. Bumper masih black ( belum sewarna dengan body )
      5. Belum ada head roof monitor
      6. Belum ada colokan lighter ( tapi udah ada lobangnya ) yg notabene bisa dipake buat usb dll.

      • ahmadramadlan berkata:

        Saya jadi inget, dulu waktu 2011 akhir sy ambil GL, memang dibilangin sama salesnya kalo akan keluar lagi type dibawah SV, alasannya, karena SV masih overspec apabila dibandingkan dg merk lain kompetitor.

    • Saya baru beli livina type sv 2013 di Batam, awalnya sempat ragu mau ganti bemper dan grill autech, sempat baca di forum ktnya tidak bisa seperti dudukan casis dan pihak nissan sendiri sempat ragu apakah bisa diterapkan, namun setelah saya order ternyata tinggal pnp bahkan sudah tersedia kabel fog lampnya, harganya 4,2 full set, cat dan pemasangan 680 ribu

  70. ganang berkata:

    siapa yang tahu alasan kenapa pihak nissan memakai gabus/ styrofoarm pada lantai grand livina?

  71. I really like it when people come together and share
    opinions. Great site, continue the good work!

  72. Darma F.U berkata:

    Selama menggunakan GL dari baru s.d sekarang apakah pakai premium? Jika ya, apakah ada pengaruhnya thd performa mesin?
    Thx

    • ahmadramadlan berkata:

      Ya, pakai premium saja. Kalo dari manualnya dikatakan untuk memakai bensin non timbal. Yang saya tahu, bensin di Indonesia, termasuk premium, sudah tidak memakai timbal lagi. Tks.

  73. Yudhy berkata:

    Bukan masalah tanpa timbalnya pak, tp bgmn dg nilai oktannya? GL Dg CR 1:10.5 bukannya hrs menggunakan pertamax plus dg oktan 95?

  74. dedy mustafa berkata:

    Salam kenal mas Ahmad.
    Good testimony from you, saya pengguna GL 1,8 m/t ultimate sejak th 2010. Sampai saat ini tak ada kendala. Kayaknya nissan lebih menjual non fitur yg tdk ditemui pd produk lain. Mobil murah dg kenyamanan & sensasi yg over value. Fc irit & service maintenance tdk mahal tp cashback non fiturnya berlimpah. Mhn maaf kalo terlalu melankolis ..he..he… Thanks.

  75. Iwan berkata:

    Saya pemakai grand livina XV A/T dari thn 2007 dan sampe skrg baek2 saja, masalah indikator bensin yg sering error pernah mengalaminya tapi krn masih garansi jd lgsg diganti oleh nissan. Sekarang saya ingin beli grand livina lagi krn saya puas pakainya, saya bingung antara mau 1.5 ultimate atau hws karena hws yg 2013 ini juga sudah ada abs, ebd, dan ba. Jadi kelebihan ultimate hanya wood panel, jok leather dan abs penumpang ya? Ada saran? Makasih

    • ahmadramadlan berkata:

      Oh ya?!??, dulu saya pilih ultimate karena safety feature.Kalo memang HWS juga sudah ada, secara pribadi, saya akan pilih HWS, karena penampilan luarnya yang lebih ekslusif dan tidak ‘banjir’ di pasaran. Hhmmm, tapi dipikir-pikir kalo lihat dari depan, sekarang semua GL sama ya, baik yang XV, Ultimate maupun Ultimate grille depannya sama, yang beda di velg dan bagian belakang, jadi bingung pilih yang mana, hehehehe….

      • hd_akmal berkata:

        Siang P’ Ahmad
        Saya pemakai Grand Livina 1.5 Ultimate
        overall saya puas banget, tapi ada yang saya ingin tanyakan ke P’ Ahamad
        Pada saat mau di operasikan perpindahan transmisi dari posisi P ke R kadang agak keras dan terdengar ada suara dan hentakan di dalam gearbox, apakah itu masih normal atau masalah ?
        Mohon pencerahannya P’ Ahmad.

  76. john berkata:

    Betul sekali Pak Akmal.. mirip seperti saya. dari posisi Parkir ke Netral pun demikian. Saya pelajari ternyata pada saat parkir seharusnya mobil harus benar benar berhenti (posisi N) setelah itu rem yang dalam, tarik handbrake trus posisikan di P.
    Mudahan tidak salah saya pak ahmad…

    • sandi berkata:

      beberapa mobil matic jg gitu, tips agar ringan matikan mesin di posisi tuas N kemudian rem tangan, setelah itu baru pindah ke P .
      dijamin saat menyalakan lagi dan pindah tuas ke R dan D ringan

  77. Agus berkata:

    Mas Ahmad terima kasih sekali atas sharingnya, salam kenal dari bandung
    Mohon izin bergabung, kebetulan saya sedang menunggu kedatangan GL SV MT dark red, kabarnya akhir bulan ini insya Allah bisa sampai garasi. sekedar informasi di bulan Mei 2013 ini GL sedang doskon besar2an, saya sendiri memperoleh cashback 30jt + bonus KF solarguard, karpet tambahan, dan talang air. yg menarik di tipe XV selain tampilan grill yg autech, juga sudah mengadopsi sistem pengereman ABS+EBD+BA plus Driver airbag. Saya kebetulan di bandung dimana harga resmi GL XV MT Rp. 200.500.000 dipotong diskon 30jt,jd nett-nya 170,5 jt…betul2 paket yg menarik. tapi mengingat kemampuan keuangan + skala prioritas, jadinya saya pilih yg SV MT. harga nettnya jadi 149,5 jt. bagi2 rekan2 yg berminat beli GL ada baiknya disegerakan, semoga Allah melimpahkan rezeki.
    Info terakhir dari sales + hasil googling, tidak lama lagi akan keluar GL terbaru, namun berdasarkan hasil ngintip nampaknya tidak terlalu banyak perubahan, hanya di lampu dean belakang, grill, dan fitur2. Harga untuk tiper terendah kemungkinan dikisaran 190-200jt, tanpa diskon tentunya krn masih baru.
    sekian dari saya, semoga bermanfaat

    • ahmadramadlan berkata:

      Hhhmmm, kalo dilihat-lihat sebenarnya harga mobil cenderung turun ya. Minimal, harga sama, tetapi feature lebih baik daripada sebelumnya.

    • Harry berkata:

      Mas Agus, itu belinya kredit apa cash mas? saya mw beli yg versi lama jg, cuman masih galau mending ambil yang lama apa yang baru ya? ngeliat diskonnya jadi pengen jg

      • ahmadramadlan berkata:

        Kalo dari samping dan juga interior tidak terlalu ada perbedaan yang berarti antara yang lama dan yang baru. Cash back biasanya tidak melihat apakah itu kredit apa cash, sama saja bagi dealer…

      • salam kenal, kemarin saya indent GL 1,8 HWS 2012 A/T. sempat ada pikiran mau ambil yg baru tahun 2013. tapi saya berpikiran klo yg baru ini mungkin prototype.
        seperti halnya honda jazz yang sering ditarik oleh dealer mengenai adanya sistem yang gak bekerja pada mobil tersebut. mungkin ada saran ?

      • ahmadramadlan berkata:

        perubahan yg signifikan pada Gl naru yaitu di mesin, kalo lainnya sifatnya accessories, mudah2an tidak ada keluhan…

  78. edi berkata:

    Salam kenal,
    klo lihat penjualan mobil bekas grand livina, lebih banyak yang jual matic dibanding manual, apa karena populasinya lebih banyak matic atau karena ada hal lainnya? mohon pencerahannya, krn sy belum bisa tentukan matic atau manual.

    • ahmadramadlan berkata:

      Overall Indonesia, sepertinya manual lebih banyak penjualannya daripada matic. Tapi kalo hanya melihat data di Jakarta, matic trendnyya semakin banyak digunakan, dan otomatis bekasnya juga lebih banyak yang matic.
      Kalo masih suka nyetir sendiri dan tinggal di area jabodetabek, saya recommend memakai matic.

  79. Arcadian berkata:

    setelah 2 minggu, akhirnya yang diidam2kan dateng. walau hujan2an pas ke dealer nissan tp gapapa. yang penting si silver udah dirumah..

    saya ambil tipe SV, trus tanya ke orang nissan tentang masalah2 yang rentan terjadi di grand livina.., katanya semua masalah2 yang ada di livina (terutama jarum petunjuk bahan bakar yg jadi penyakit livina) udah kelar semua sejak tahun 2012. livina dibawah tahun 2012 memang di setting untuk pertamax. itulah sebabnya pelampung bahan bakar sering rusak. tapi semua masalah tsb sudah tidak ada lagi di livina keluaran terbaru. bawa nya mantep, suspensi empuk. bBm irit. pokoknya top dah. ga nyesel ambil ni mobil..

  80. Mulia saputra berkata:

    Saya mau tanya,
    1. apakah nissal all grand livina baru tahun 2013 dan grand livina x-gear 7 sheet, mempunyai mesin yang sama?
    2. Klo seandainya mesinnya tidak sama, apakah grand livina x-gear itu masih menggunakan mesin yg lama? klo pun sudah diganti mesin yg baru, apa perbedaan yang menyolok antara mesin baru dari all new grand livina dengan grand livina x gear?
    3. Prediksi harganya mahal mana antara nissan all grand livina 2013 dengan livina x-geat 2013 yg 7 sheet?
    4. dari dalam interior mana yg lebih senyap diantara keduanya? (walaupun yg saya tahu keduanya senyap, tetapi mana yg lebih senyap?
    5. Sebenarnya all new grand livina 1.5 itu atau x gear yang 1.8 itu sekelas sama mobil apa? misalnya innova atau avanza atau xenia atau suzuji mpv atau ertiga atau apa?
    6. Apakah untuk all new grand livina terbaru dan x gear 7 sheet , untuk dashboardnya sudah pakai panell wood?
    7. Sy mungkin tgl 7 juni ini kejakarta, apakah pada tanggal tersebut nissal terbaru sudah ada di showroom2 di Jakarta? krna klo ada saya mau testdrive.
    8. Kalau seandainya anda mau membeli mobil nissan dan pilihannya hanya all new nissa grand livina 2013 varian tertinggi 1.5cc dan grand new livina x-gear 7 sheet yang 1.8cc, anda akan membeli mobil yang mana?
    9. Mewah mana diantara keduanya dilihat dari segi exterior dan interior?
    10. Saya masih ragu utk membeli innova V metic, Freed varian tertinggi dan grand livina terbaru 7sheet 1.8 metic. Boleh kan anda memberi alasan kenapa saya sebaiknya pilih yang grand livina dibandingkan dengan innova metic v atau pun freed metic?

    Itu aja dulu pertanyaan saya ya.. terima kasih

    Pak Mulia
    mulia_1@yahoo.com

    • Arcadian berkata:

      x-gear 7 seat?? rasanya x-gear cuma 5 seat deh pak..
      1. mesinnya sama. ga ada beda.
      2. mesinnya sama ga ada beda. tapi kalau perbedaan dengan GL yang lama cuma di dual injeksi aja kok.
      3. all new grand livina tipe apa dulu nih? kalau tipe XV kebawah ya jelas mahal x-gear. tapi kalau tipe ultimate keatas jelas mahal Grand livna.
      4. lebih senyap x-gear karena cuma 5 seat dan ruang juga lebih kecil.
      5. GL sama X-gear ada 2 varian tipe mesin. 1.5 dan 1.8 (new). ini sekelas dengan avanza velos yang mesinnya sama2 1.5 sedangkan yang 1.8 sekelas dengan civic 1.8 atau mobil lain dengan kapasitas CC sama.
      6. untuk x-gear setahu saya ga ada yang 7 seat pak. kalau soal wood panel, ambil tipe ultimate dan HWS(High Way Star). udah dipastikan ada wood panel. untuk tipe xv kebawah belum ada.
      7. untuk pameran udah ada mulai 26 mei sejak launching. tapi untuk test drive, pertengahan juni diadakan serentak disetiap kota di indonesia..
      8. new grand livina varian tertingginya 1.8 pak. ada juga 1.5 cc. begitu juga xgear. ada yang 1.5 dan 1.8.. kalau saya pribadi, berhubung keluarga saya banyak, saya ambil Grand livina (7seat) ketimbang yang x-gear(5seat). baik yang 1.5 atau 1.8.
      9. perbandingannya dengan tipe apa nig? kalau tipe SV dengan x-gear, jelas xgear yang menang. tapi kalau tipe ultimate keatas vs x-gear. tipe ultimate dan HWS yang lebih bagus interior dan exteriornya.
      10. silahkan testdrive sendiri ketiga mobil tsb. kalau saya membandingkan satu-satu nanti dikira offense. toh resa yang dialami tiap orang kan berbeda.

  81. arri berkata:

    malam Pak Ahmad,

    saya mau tanya.. untuk GL berat muatan maksimal berapa ya pak. cz sy mau ke luar kota dan bawa muatan banyak..

    • ahmadramadlan berkata:

      Terus terang saya kurang tahu… Saya coba lihat di spesifikasinya tidak disebutkan spesifik… Mungkin karena merupakan angkutan penumpang, jadi tidak detail ditulis berapa berat maksimum yang diperbolehkan, hanya untuk 7 seater, optimalnya!

  82. Alda berkata:

    Akhirnya ane pilih GL A/T Ultimate grey setelah sebulan pusing nimbang-nimbang milih antara GL & Terios TX A/T (baru aja DP-in nih si LIVI). Secara score plus-minus nya menurut ane sbb (dua2 nya dah ane test drive) :
    Plus :
    1. Interior lebih mewah
    2. Safety (dual air bag, ABS, EBS dll)
    3. Lebih irit
    4. Speed & handling
    5. Entertainment (head rest monitor)
    Minus :
    1. baris ke 3 lebih sempit
    2. Ground clearence
    3. Harga jual lebih jatoh keliatannya (ini yg ane bingung kenape ye…? ada yg bisa jelasin)

    Tampilan ke-duanya sih sama-sama enak dipandang.
    Moga tidak ada masalah seperti yang disebutin agan-agan di atas…..

    thanks

    • nana berkata:

      salam kenal semuanya…
      saya dr awal bulan mei 2013 sudah mencari2 mobil dr rencana beli mobil second KIA Picanto karna pikiran picanto city car jd mobilnya kecil dan irit juga jadi bagi saya yg pemula membawa mobil lebih gampang. tp saya pikir2 kembali karna mobil korea saya agak ragu. lalu mulai mencari lagi alternative city car yg lain. eh,gak selang beberapa minggu saudara saya info beli GL discon 30jt jadi hrg kira2 148jt sesudah discon(TIPE SV) ,saya mulai rundingkan dan berpikir dengan suami jadi dengan hrg sama mobil citycar bisa dapat GL. saya juga denger2 GL mobilnya enak dan irit bisa muat7seat.
      nah! setelah dipikir2 kita tergiur dengan hrg GL,saya dan suami besoknya langsung ke showroom nissan. tambah liat mobilnya tambah ngiler hahhaha… akhirnya saya jatuh hati keGL.

      yg sedikit saya takuti karna saya pemula/baru belajar bawa mobil sepanjang GL ,sulit gak yah? mohon sarannya pada sudah ahli hehee…
      siputih GL saya datang kira2 minggu depan setelah menunggu dengan sabar 3mingguan karna sekalian plat dan STNK keluar baru antar. semoga tidak ada masalah.

      thanks all

  83. suchy berkata:

    salah pilih deh kalau pilih livina… lebih berkelas merk honda donk… dr transmisi pada saat perpindahan gigi saja sudah beda.. apalagi ttg keluasan kabin penumpang kursi kedua dan ketiga….

    • ahmadramadlan berkata:

      Dari segi apa dulu nih Gan, dan hondanya apa? Yg apple to apple kan kalo bandingin, kalo di bandingin dengan Honda Odyssey ato CRV yah jelas gak level, hehehe

      • hd_akmal berkata:

        Betul P’ Ahmad,
        Bulan maret lalu saya bingung mau ambil Honda Freed atau GL Ultimate….
        Setelah di pikir, lihat tanya sana sini dan dipelajari semua nya..akhir nya saya ambil GL Ultimate…
        Menurut saya lebih bagus semuanya tuh…
        Kurangnya hanya 1 tuh, bukan merek Toyota atau Honda tuh…
        Tapi saya gak beli merek loh….

  84. Purputra berkata:

    Mo tanya nih pak Ahmad, sya baru tertarik dg GL dan baru liat penampakannya. ada beberapa yang mau saya tanyakan nih kalo utk GL At Ultimate keluar pertama th brp ya? Trus biaya service rutin di bengkel resmi kisaran berapa? Katanya sparepart nissan sama “murahnya” dengan honda….Trus klo mau ambil yg matic tanganm ke-2 apa yg mesti diperhatikan…..terima kasih…

  85. jujun berkata:

    Volume Audio USB (Flash Disk ) untuk GL HWS 2010 letaknya dimana yah ?? makasih pak

  86. Sofyan Santoso berkata:

    Dear pak Ahmad, salam kenal, bulan ini saya sudah test drive dgn R3 & GL karena saya ingin ganti mobil dari sedan ke mobil 7 seater. dan ternyata saya memilih all new GL HWS A/T coz kepincut dgn exteriornya yg elegan dan sporty. saya jg sdh coba yg matic dan manual. tapi saya dan istri kog masih terganggu dan merasa tidak nyaman dengan kondisi di telinga, rasanya seperti di kuping di tekan dan seperti berdengung pada baris ke1, apalagi pada baris ke 3. saya coba tanyakan dengan sales nissan. tapi dia bilang tidak merasa seperti itu. Dan saya tidak merasakan seperti itu pada R3. walau begitu saya sudah kasih tanda jadi 5jt untuk GL.
    Saya ingin pencerahan pada pak Ahmad dan jg pengguna GL lain mungkin ada solusi utk menghilangkan suara tdk nyaman di telinga. Saya malah berpikir mungkin kurang bagusnya peredam suara pada mobil ini. atau pantulan suara roda yg masuk ke dalam lewat tempat ban serep yg kalo tak salah tak dilapisi peredam pada baris ke 3 tapi pada baris ke 1 rasa suara itu akan hilang bila jendela sedikit di buka. terimakasih sebelumnya pada yg sudah memberi tanggapan ku ini…

    • ahmadramadlan berkata:

      Hhmmmm, suara mendengung seperti apa ya Pak. Apa itu pada unit mobil test drivenya atau unit mobil yang punya Bapak. Tapi kan bapak belum terima unitnya kan?
      Memang, yang menjadi keluhan adalah suara blower AC yang terlalu keras, dan itu bisa diatasi dengan mengganti Resistor AC (lihat pembahasan sebelumnya!), selain itu rasanya tidak ada masalah mengenai sound proofing dari GL.

      • Sofyan Santoso berkata:

        Iya saya sudah dapat berita bahwa unit sudah ready dalam bulan ini, mungkin bulan depan sudah bisa meminang GL ke rumah. Maaf pak Ahmad, saya coba unit test drive GL yg masih baru. mungkin saya salah mengutarakannya. bukan bunyi mendengung, tapi gimana ya cara menjelaskannya, yach yg jelas di kuping rasa ga nyaman gitu pak, Sepertinya sih bukan dari blower AC. Tadinya saya pikir hanya saya yg merasakan, tapi ternyata istri pun merasakan hal yg sama. untuk baris ke dua rasa itu ga ada, jadi sangat nyaman bila duduk di baris ke 2.
        Nanti bila unit sudah di tangan, saya akan coba lagi, dan akan beri kabar pada pak Ahmad, Terima kasih pak Ahmad atas jawabannya.

  87. Naseba berkata:

    Menunggu datangnya pesanan Nissan Grand Livina 1.5XV A/T, Pertengahan bulan Juni saya jalan2x ke PRJ dengan tujuan melihat2x pameran kendaraan, berhubung ada rencana mau ganti kendaraan dari sedan ke kendaraan keluarga. Setelah melihat2x beberapa merk tanpa sengaja lewat didepan stand Nissan. Terus terang saya tdk ada rencana utk mencari/membeli kendaraan dengan merk Nissan ini dikarenakan harganya diluar dari anggaran dana yg tersedia (sy berencana membeli Cash). Tapi setelah bincang2x dengan sales penjualannya dia menawarkan diskon yg sangat menggiurkan. Memang harga Nissan GL ini termasuk tinggi dibandingkan merk tetangga sebelah (Av*** dan R3), tetapi dengan diskon yg diberikan sebesar 30jt, harga GL sama dengan harga2x mobil tetangga (beda tipislah). Tanpa berpikir panjang lagi saya langsung boking fee kendaraan tsb…. kenapa nggak??? dengan kualitas dan spek diatas mereka, tetapi dapat harga yg sama. Sekarang tinggal menunggu kiriman GL kerumah, dan ada yg ingin saya tanyakan…. berhubung sy membeli dengan cash maka kendaraan sy tidak di cover dengan asuransi. nah pengalaman teman2x yg menggunakan GL biasanya menggunakan asuransi apa yg bagus dan terbiasa menangani GL ini… Tx

    • ahmadramadlan berkata:

      Ada banyak asuransi Pak, tapi biasanya kalau kita kredit, asuransinya ditentukan oleh pihak lessor. Bila memang bisa milih sendiri, disarankan untuk mengambil asuransi yang bisa menyediakan kendaraan pengganti apabila dalam kurun waktu tertentu pekerjaannya belum selesai.

    • Iraeci berkata:

      Untuk asuransi saya pakai Asuransi Dayin Mitra (grup perusahaan ane) & soalnya GL Ultimate bos ane juga pake dia. Katanya sih lancar kalau ada klaim.

  88. Iraeci berkata:

    Salam kenal ya Pak. Saya sedang menunggu kiriman GL Ultimate 1.5. Saya tertarik dengan masalah suara blower yang terlalu keras dgn mengganti Resistor AC tapi saya tidak menemukan pembahasan di artikel sebelumnya. Bisa minta tolong untuk di-share link? Thanks

  89. Iraeci berkata:

    Saya juga berencana untuk memasang Strut Bar & Voltage Stabilizer buat GL Ultimate.
    Boleh share informasi penjual yang recommended buat GL? Thanks

  90. Didie berkata:

    Salam kenal, saya sudah d/p untuk new GL X-GEAR 1.5 A/T hanya saya sedikit terganggu dengan informasi katanya GL ini agak berat di tanjakan, apakah betul ya? karena saya belum ada pengalaman dengan GL sebelumnya mohon info dari bpk/ibu yang sdh berpengalaman dengan GL. Trims.

  91. oh iya pak dengar dengar GL ultimate dan HWS single blower?
    soalnya saya indent GL 1.8 HWS grey transmisi matic.
    terus untuk saat menyalip gimana akselerasinya? apa harus pake kick down gasnya?
    saya biasa pakai matic soalnya. kebetulan klo honda jazz saat menyalip harus kick down penuh.

    tolong infonya bapak bapak sekalian. supaya lebih safety driving.
    makasih

  92. Raka berkata:

    Stlh membaca & mencermati hasil postingan dr teman2 mmg GL mempunyai nilai lebih. MMg skrg ini Nissan mengeluarkan 2 type yakni All new GL dan GL X-Gear. perbedaan yg mencolok adalah X-Gear lebih Sporty. Namun sdh di lengkapi Dual Injector dan Twin VTC (Intake & Exhaust) untuk keduanya.

  93. nuringtheaz berkata:

    GL adalah kendaraan impian saya,smenjak kluar pertama.krn keanggunan GL dibanding yg lain.apalagi produk ditahun2 12-13 ini,smakin modis sporty.tpi sampai saat ini blm bisa memilikinya.kalo bawa si GL sih sering,hehehe.doain yά mas ahmad,smoga bisa cepat meminang GL.

  94. danke berkata:

    Sy pake GL ultimate 1,8 m/t 6 speed dan bisa membuktikan bila GL 1.8 pun bisa lebih irit dari mobil sekelasnya bahkan dgn GL 1.5 sekalipun. Saat mudik luar kota, konsumsi BBM bisa 17,6 km per liter, dan 13,5 km/ltr dalam kota. Seorang teman yg pakai 1,5 XV merasa heran karena perbedaan tenaga yg begitu kentara dibanding mobilnya, tp perbedaan konsumsi bbm-nya bisa berbeda 1-2 sendok teh lebih hemat. Sy sangat percaya pada orang-orang yg terlibat di perusahaan merk ini, karena saat membeli mobil ini, sy hanya ingin lain dari teman2 yg memakai merk SUV sejuta umat, ternyata sy mendapat kepuasan lebih dari yg sy harapkan. Untuk performa mesin, di jalan bebas hambatan dan ditanjakan, mobil ini bisa mempecundangi kelas 2.0 karena stabil dan nyaman dengan ‘silent mode’ (tanpa suara mesin berisik yg sedang kerepotan cari napas). NIIIIIIIZZZZZZZZZZZZEEEE!

    • ahmadramadlan berkata:

      iya, memang tidak berarti cc besar akan lebih boros dari cc yang kecil. Mungkin karena beda harga yang lumayan signifikan, GL yang 1.8 lebih sedikit diterima pasar daripada yang 1500 CC..

  95. Soenarto Budiarjo, Skom berkata:

    Dear Pak Ahmad,

    Menurut hemat pak ahmad,
    sebenarnya apa saja perbedaan Grand Livina model lama dan baru (model lampu baru)

    kebetulan saya berencana u/ memakai GL u/ keluarga, u/ jangka > 5 th,
    Yg mana yg lebih baik, menurut pak ahmad :

    1. Model GL
    beli Grand livina model lama
    + dapat cash back 15-30 jt
    – harga jual kembali lebih rendah
    – Ada potensi kesulitan sparepart (ganti model)

    bel Grand Livina model baru
    + harga jual kembali lebih baik
    + Sparepart lebih terjamin
    – Harga cenderung lebih tinggi ( cashback tidak banyak )

    2. Waktu membeli
    Apakah di pameran IIMS 2013, atau di showroom Nissan saja,
    dan kira2 bulan berapakah yg terbaik u/ membeli mobil ( saat para sales lg dikerjar target )

    3. Maintenance
    Apakah kita bisa dapat servis berkala gratis di bengkel Nissan ?
    Gratis ini maksudnya ongkos servis saja, atau termasuk ganti sparepart ?
    sampai brp Km ?

    Sebelumnya terima kasih atas sarannya, pak ahmad

    Salam

    • ahmadramadlan berkata:

      Kalo saran saya tentu yang paling baru Pak, karena dalam 5 tahun kedepan masih up to date. Kebetulan, sekitar seminggu yang lalu saya maintenance rutin untuk 20.000 KM. kemudian sama bengkel Nissan diberitahu kalau shock absorber belakang ada sedikit rembesan oli, berarti ada sedikit kebocoran di shock-nya tersebut, dan sama nissan langsung diganti semuanya, tanpa bayar sepeserpun baik spare part maupun ongkos kerja, karena masih masa garansi.

      Masa garansi berlaku sampai 100.000 KM atau 3 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu. Untuk servis berkala gratis hanya 1.000 dan 10.000 KM Pak.

  96. bali tour berkata:

    Artikel yang bagus
    thanks infonya :)
    bagi kalian yang ingin berlibur ke bali, silahkan kunjungi website kami febri’s bali tour

  97. Linda berkata:

    Selamat siang pak Ahmad,
    Saya pemula yang baru akan punya mobil. kira2 mobil type apa yang aman buat saya mengingat saya baru belajar dan wanita.
    terima-kasih atas jawabannya.

  98. aris berkata:

    Selamat sore Pak Ahmad.
    Saya pengguna GL XV 1.5 pemakaian maret 2010 km 20.000. Seminggu yg lalu saat GL dikendarai tiba2 AC nya panas dan ada bau seperti mesin panas yg masuk kedalam kabin. Td pagi saya bawa ke bengkel resmi sekalian servis rutin dan ternyata oleh mekanik GL saya di vonis epavorator assy frt AC nya bocor dan harus diganti baru. Terpaksa harus nguras kantong buat beli epavorator baru + ngisi freon dan ditambah filter air kabin. Buat yg pake GL dibawah tahun 2013 alangkah baik nya ditambahkan filter air cabin biar ga ngalamin kejadian serupa seperti saya.
    Secara keseluruhan saya puas pake GL tp mesin nya agak loyo saat nanjak di dataran tinggi dieng dengan 7 penumpang.

    • Wery Rica berkata:

      info yang saya tunggu2 setelah baca lumayan lama trit ini… karena saya rencana mau minang GL SV 2008 km 80rb an!karena saya dapet kabar temen saya dapat kasus seperti itu smpe ganti 3x ganti baru epavoratornya… dan akhirnya dijual…thank infonya pak aris

  99. Irwanz berkata:

    owh… kok FC si 1.5 Ultimate 2012 ane tuk dalkot 1:7 yah…?
    dua kali eksperimen penuhin tanki dan muter2 di dalkot bandung dengan kemacetan cukupan lah…
    what’s wrong?

  100. abughifari berkata:

    resistor blower yg dimaksud yg ini ya pak Ahmad. http://otodiy.blogspot.com/2013/07/diy-bongkar-pasang-ganti-werstrand.html.
    Ulasan GL nya mantap , kebetulan saya juga menggunakan GL 1,5 Ultimate spt Pak Ahmad dan minggu depan mau coba drive Palembang – Bandung. Ingin tahu sensasinya.

  101. Rooney berkata:

    Berbagi pengalaman:
    Saya pernah punya GL 1.5Sv 2007 manual *katanya builtup, lalu 2010 lalu ganti dg GL 1.5XV mt 2010, skrg ganti lgi dg GL 1.8 At th2007.
    Segi kenyamanan gausah ditanya lgi, GL mantab bgt stabil speed 140km di tol msh stabil ga kya Av**z*. Perbandingannya yg th 2007 saya rasakan lebih mantab dr performa mesin & material body nya, apa krn benar2 builtup ya? bbm dirasa lebih irit th 2007, nafas gigi 2 yg th 2007 lebih panjang dbanding 2010 *manual, tenaga mesin lebih mantab jg. Cm emg perawatan GL lumayan tinggi krn saya di Jogja, msh sedikit bengkel spesialis nissan, harus pintar2 cari referensi online. klo ke BERES antreenya luar biasa & biayanya bs berkali2 lipat.
    Kmrn mau cb repair klakson di nissan srh ganti partnya 1.7jt blm bea bongkar psgnya +tunggu antrian 1-2hr, akhrnya sya bw ke bengkel langganan diberesi kabelnya spt kabel sata di komputer cm byr 200rb beres.
    Jika ada rekan2 ada yg tau bengkel di jogja yg biasa servis / repair nissan sya mohon infonya.

  102. djaka3 berkata:

    4 tahun menggunakan Nissan Grand Livina 18XV 6Speed M/T Alhamdulillah ga ada keluhan, kecuali aki itupun mungkin krn kualitas aki sekrg yg memang rata2 umurnya cuma tahan 1,5 sd 2 tahun ganti… pernah ngerasain 170kpj di awal2 tahun skrg dah jarang…kecuali kepepet/emergency (ngasepin Juke,Pajero,fortuner apalagi ertiga/spin/avanza/xenia/innova …lewattt) ….dan asiknya 1800cc konsumsi bahan bakarnya bedatipis dibanding yg 1500cc; kalau mengenai tarikan test drive aja biar tahu sendiri rasanya :)

  103. Purputra berkata:

    Siang pak Ahmad, mohon pencerahannya….untuk GL tahun 2008 – 2010 apakah kursi tengah juga bisa dilipat rata seperti kursi belakang seperti pada GL keluaran 2013? Terima kasih.

  104. irwanz berkata:

    lho kok komen saya gak ada ya…??

  105. Yenni berkata:

    GL adalah mobil idaman saya dan akhirnya pd awal agustus kemaren saya test drive dengan tujuan utk membeli. Tapi saya ragu ketika di dekat rumah saya ada tanjakan yg sangat curam, GL ga kuat nanjak pdhl pedal gas sudah pol saya injak. Waktu test drive menggunakan GL matic dan gigi di posisi D. Apa saya salah gigi ya pak? Terus terang saya langsung kecewa tp masih berpikir utk membeli GL..mohon tanggapannya dari pak Ahmad dan teman2 semua. Terima kasih

    • ahmadramadlan berkata:

      Ya Gan, perlu dipindahkan ke 2 atau malah ke 1 bila masih kurang. Perlu familiarisasi terlebih dahulu apalagi jika Agan baru di matic. Saran saya coba di test drive lagi saja, jangan sampai membeli tapi masih penasaran dan tidak puas. Kalo selama ini yang saya rasakan dengan GL Matic tidak ada masalah Gan.

  106. ARIADI berkata:

    ass. salam kenal gan, ikutan sharing. saya pengguna GL XV MT 2011 s.d. sekarang. untuk kenyamanan tidak ada duanya. mungkin karena tipe shocknya GL soft, agak kurang cocok untuk jalanan di tempat saya (maklum jalanan indo, 50% ancur). Taun-1 shock belakang ganti, dan taun ke-2 shock kiri depan, join member retak, mounting engine ganti (garansi nissan 1000% TOP). jd menurut saya kekurangan yg utama GL ada di shocknya & kaki2 kadang ada bunyi gladak gluduk… selain itu performa dan kenyamanannya emang TOP abis. untuk tanjakan emang agak berat pd saat stop&go (pengaruh gigi rasionya GL kali ya..??)…

    • ahmadramadlan berkata:

      Yup Gan. Saya sendiri udah pernah ganti shock breaker untuk semua 4 roda sekitar 3 bulan yang lalu. Karena masih garansi maka semuanya gratis tis. Memang sih, pelayanan purna jualnya bagus banget, kita gak bayar sama sekali, tapi kok ya cepet banget gantinya, kalo misalkan gak garansi lagi kan lumayan juga.

  107. johan berkata:

    siang Pak Ahmad, saya beli New grand Livina tahun 2013 bulan sebtember,kenapa yah kopling nya kalaw gigi 1 trek pertama bergetar dan klw jalan pelan nyundul2 kaya orang baru belajar mobil dan Kopling nya terlalu tinggi,tapi klw AC nya saya matiin jalan nya stabil,saya sudah service pertama dan komplain sama bengkel tetap ajah sama,jadi klw jalan macet saja selalu begitu bergetar,kira2 apa nya yah Pak Trimakasih Pak.

  108. Purputra berkata:

    Selamat siang pak Ahmad, mohon info (mungkin juga buat rekan-rekan yang lain yg berpengalaman) untuk GL transmisi otomatis A/T lama dibandingkan yang menggunakan CVT kelebihan kekurangan gimana ya? khususnya buat luar kota ketemu tanjakan seperti nagrek. Terima kasih.

  109. andre berkata:

    Saya lihat pada tuas perseneling GL AT yg baru hanya ada 4 shift (P, R, D, L) tanpa ada D1 atau D2, apakah benar?

  110. wooooww mantabbb ulasannya pa ahmad, hampir dua tahun ini ulasan… sblm saya mutusin ambil GL sy sdh compare dng m*bi*io dan ternyata GL jauh lbh baik. alhamdulillah saya baru 5 hari ngandangin all new GL SV matic d garasi sy, mohon sheringnya.. gt sy pakai klr dr dealer nissan ko kaya ada bau karet kebakar yaa?apa normal untuk mobil baru..
    perlu ga yaa sy pakai paint protection?
    thx.. salam

    • ahmadramadlan berkata:

      SV sekarang ada yang matic ya, dulu belum ada. Paint protection? Saudara saya ada yang memakainya, memang terlihat lebih glossy sih mobil. Kalo untuk pemakaian jangka panjang, menurut saya ada baiknya juga. Kalo punya saya dibiarkan apa adanya saja, hehehe…

      • nuringtheaz berkata:

        Alhamdulillah,sdh 2bulan ini pegang stir AN GL xv. interior exterior standart okey, cma yg sdkit mengganggu itu di gearbox.yang mau saya tanyakan, knapa ktika gigi 1 sdkit dipaksa sampai rpm 3000 up suara bengung di gearbox jga smakin keras(lebih keras dr merk lain),apakah itu normal? (Sya blm pernah naik AN GL yg lain sbagai pembanding)
        Jdi smentara ini solusi saya.ketika gigi1, rpm hanya sampai 2000an saja.Jadi kalo itu tidak normal,maka akn saya konsultasikan ke bengkel.

      • ahmadramadlan berkata:

        Saya sama sekali gak mengalaminya karena matic. Sebaiknya diperiksakan ke bengkel, mumpung masih garansi.

  111. Ardiansyah berkata:

    Selamat sore pak ahmad..
    Saya baru 1 minggu ini ambil 2nd GL XV 1.5 MT 2012..ada beberapa pertanyaan sih sbenernya terkait GL saya…
    1. Untuk XV 1.5 MT 2012 apakah memang tidak dilengkapi spoiler atas bagian belakang ya.? Karena dulu yg bikin saya tertarik untuk ambil GL salah satu-nya adalah kesan sporty dari spoiler ini..
    2. Lampu cabin GL saya kan ada 2 buah tombol (disisi kiri & kanan lcd tv) tapi ketika di tekan kok tidak mau nyala ya lampunya (ada yg pas ditekan tombolnya nyala merah tapi lampu tdk nyala. Nah pas mesin mati & kunci dicabut malah nyala) jd sy bingung untuk menyalakan saat dibutuhkan cahayanya..
    3. Untuk tanjakan memang agak letoy ya Pak.. Saya sehari2 biasa pake a*a*za..nah pas ganti ke GL kok tenaganya untuk nanjak lebih lemah ya..meski udah gigi satu, apalagi kalo nanjaknya posisi mundur..rumah saya kalo parkir memang posisi mundur agak nanjak, biasanya pake a*a*za gigi 1 aja lepas kopling tanpa gas udah jalan..kalo GL skrg tnpa gas kerasa jegluk2 (kayak salah gigi pas nanjak gitu) & mati (musti ditambah bejek gas) padahal gigi 1 tuh..
    4. Audio standart-nya untuk GL XV 2012 memang single din yg tidak ada slot untuk usb ya Pak..? & kira2 kalo mau ganti double din yg recommended apa ya Pak..?
    5. Yang terakhir..saya kan masih menggunakan kaca film standart (solargard 60% ya kalo tidak salah)..kok rasa-nya masih kurang ada privacy ya..rencananya pengen agak digelapin jd 3M black beauty 80%..mohon sarannya untuk kaca depan pakai berapa % ya baiknya Pak..? Lalu apakah saya harus lepas solargard standart & diganti 3M atau bisa cukup ditimpa aja ya Pak..? Kalo ditimpa musti berapa % ya baiknya Pak…agar safety skaligus privacy terjaga..

    Mohon maaf banyak bgt pertanyaannya Pak..maklum saya nubie bgt dlm menggunakan pabrikan nissan ini…terimakasih… ^^

    • ahmadramadlan berkata:

      Pak Arief, ada beberapa aja yang saya jawab ya :-)
      Kalo spoiler memang accessories di semua tingkatan GL Pak, meski ultimate ataupun highway star, spoiler tidak ada.

      Untuk tanjakan yang letoy dan dibandingkan dengan a*a**a, mungkin sama dengan Pak Arief membandingkan antara gerak roda depan (FWD Front Wheel Drive) dan gerak roda belakang (RWD Rear Wheel Drive) Pak. A*a**a adalah gerak roda belakang, sedangkan GL adalah gerak roda depan. Ada plus minusnya dari masing2 tipe gerak roda tersebut. Tetapi kebanyakan memang untuk tanjakan terasa lebih ‘powerful’ gerak roda belakang Pak. Secara awam, sama dianalogikan antara ‘didorong’ dan ‘ditarik’ Pak, ‘didorong’ untuk RWD dan ‘ditarik’ untuk ‘FWD’. Kebanyakan memang, Jeep dan true MPV adalah RWD.

      Pertanyaan yang lain, mudah2an temen2 ada yang tahu dan punya pengalaman untuk disharing.

  112. adrian berkata:

    Siang Pak Ahmad…
    Salam kenal pak..saya mau tanya konsumsi bbm New Nissan Grand Livina riil sebenarnya berapa?mbl udh servis pertama 1000km tp bbm 10-km/liter dlm kota lancar padahal menurut info yg saya baca rata2 12km/liter dlm kota pak??biasa saya pake timor jg segitu 10km/ltr..apa punya saran ato referensi bengkel nissan mana yg lbh bagus di surabaya ak..??terima kasih pak Ahmad atas infonya..

    adrian

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s