Musim Tanam Tembakau…

Udah setahunan sama sekali gak merokok.. Sekarang malah agak ‘benci’ sama perokok, apalagi yang dengan bebas merdeka merokok dimana saja tanpa memperhatikan lingkungan sekitarnya, hughhh bauuu!!

Tapi kalo lihat petani tembakau lain lagi, merasa kasihan!! Tahun lalu petani tembakau Madura rugi besar, karena anomali cuaca. Merawat tembakau kata orang sama seperti merawat bayi. Kudu disiram dibagian bawahnya, bukan bagian atasnya, sehari sampai 2 kali. Ditanam biasanya pada musim pancaroba ato peralihan. Peralihan dari musim hujan menuju musim kemarau, jadi angin masih berhembus segar dan agak basah. Dan juga kadang kalo malem-malem mereka para petani tembakau kudu memerangin ulat yang hanya keluar waktu malam. Dan apabila ada hujan besar, terutama bila tanaman tembakau sudah agak membesar, itu artinya kiamat buat mereka, sama seperti kejadian tahun lalu. Harga tembakau langsung anjlok drastis!!

Hujan yang terlalu besar membuat semacam lapisan luar pada daun tembakau terkikis habis. Padahal sebagai tanaman aromatik, lapisan lilin luar itulah yang membuat tembakau mempunyai wangi khas!

Sudah seminggu petani tembakau depan kantor mulai menanam. Walaupun benci sama perokok, saya doakan agar panen tahun ini sukses!!

Panen sukses membuat mereka bernafas lega, membuat harapan mereka kembali bersemi!!

Pos ini dipublikasikan di Sekelebatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s