Check and re-check…

Karena kebiasaan memakai pesawat Garuda jam 0900 untuk setiap pergi tugas rutin ke Surabaya, saya berangkat pagi-pagi dari rumah, dengan target jam 0700 sudah sampai di Soeta Airport Cengkareng. Setelah check in, ternyata tiket saya untuk jam 11:15, alamak!!

Ini nih memang, kalau sesuatu berdasarkan kebiasaan dan kita tidak melakukan check and re-check lagi.

Dulu saya inget banget, waktu mengikuti pendidikan Management Trainee di Merpati di awal karier saya, jangan lakukan sesuatu berdasarkan kebiasaan, baca semua petunjuk dulu, dan kemudian adakan check list mana yang sudah dikerjakan mana yang belum.

Menurut agama sudah sangat jelas sekali, ‘Bacalah’ adalah ayat pertama Al Quran yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. ‘Bacalah’ mengandung pengertian yang sangat insightful, makna harfiahnya maupun tersiratnya.

Jargon ISO juga, ‘Do what you write, write what you do!’, kerjakan apa yang kamu tulis, dan tulis apa yang kamu kerjakan.

Semuanya mengajarkan, jangan berdasar kebiasaan, jangan hanya berdasar ingatan semata, baca sebelumnya, teliti sebelumnya, check and recheck!!

Ingat kejadian konyol dan memalukan pada waktu jaman kuliah dulu. Pada waktu ujian semesteran untuk suatu mata kuliah, persiapan udah matang, belajar sebelumnya dan udah ready to fight. Setelah mengerjakan beberapa soal, absen diedarkan, terpana ternyata nama saya tidak tertera sebagai salah satu peserta ujian. Saya masih yakin, ini pasti kesalahan administrasi!

Pihak pengawas ujian kemudian meminta, untuk dicheck dulu di admin. Ternyata sesudah ngecheck diadmin, saya memang tidak memprogram mata kuliah tersebut. Saya tidak bisa berkutik lagi, karena memang semua bukti menunjukkan kalo saya tidak memprogram mata kuliah tersebut.

Selidik punya selidik, sambil saya inget-inget pada waktu awal semester. Saya memang berniat untuk mengambil mata kuliah tersebut, pada waktu urusan setengah jalan, saya menunda-nunda untuk menuntaskan admin-nya, sampai lupa kalo belum diprogram, tetapi mindset merasa udah memprogram.

Jadi, percumalah waktu selama satu semester ikutan kuliahnya, dan harus ngikutin lagi! Waktu, tenaga dan dana yang terkuras, hanya untuk suatu kekonyolan, hughhhh….

Semoga kejadian pagi ini merupakan ‘class room refreshing’ bagi saya bahwa check and re-check itu penting!!

Cengkareng, 15 Maret 2012

Tambahan: Sempat iseng moto kumpulan gunting yang diambil dari penumpang yang mau naik pesawat. Kalo terbang jangan bawa gunting yah!

Pos ini dipublikasikan di Sekelebatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s