Beberapa fitur dan informasi di mobil yang jarang diketahui…

Ada beberapa fitur dan informasi (berupa simbol atau tulisan!) yang sangat berguna di mobil kita yang sering tidak di manfaatkan. Salah satu penyebabnya banyaknya pengguna mobil yang tidak membaca buku petunjuk kendaraan yang ada pada setiap mobil. Tidak membaca ada beberapa kemungkinan, ada yang memang tidak membacanya meskipun ia membeli mobil tersebut dari baru dan pasti ada buku petunjuknya, tapi ada juga yang membeli mobil seken yang biasanya tidak ada buku petunjuknya.

Beberapa fitur tersebut diantaranya:

Anti silau pada kaca spion dalam.

Jika sering berkendaraan pada malam hari, sering kita mengalami silau dari kaca spion yang disebabkan oleh lampu kendaraan di belakang kita. Sebagian besar mobil sebenarnya kaca spion dalamnya berupa cermin ganda yang dapat dimanfaatkan untuk anti silau. Fitur ini terutama terdapat pada mobil kecil dan minibus, dan tidak terdapat pada truk atau bis besar. Untuk melihat apakah mobil anda dilengkapi dengan fitur anti silau ini, lihat aja pada bagian bawah spionnya, jika terdapat tonjolan tuas yang bisa digerakkan keatas dan kebawah, berarti kaca spion tersebut telah dilengkapi fitur ini.

Untuk memanfaatkaannya, misalkan anda merasa silau dengan cahaya lampu belakang, cukup tuas tersebut digerakkan kedepan, maka silau cahaya akan berkurang, sehingga anda dapat berkendaraan dengan nyaman. Tarik kebelakang, untuk mengembalikan spion pada posisi penglihatan semula.

Pengatur posisi stir dan kunci pengaman anak.

Bahkan kadang banyak orang yang tidak tahu, jika fitur ini ada, yaitu pengatur posisi stir. Rata-rata fitur ini ada di mobil sedan dan MPV. Di bawah bundaran stir, ada tempat untuk tuas pengatur posisi stir ini. Coba di tarik ke atas untuk melepaskannya, dan perhatikan kalo stir bisa diatur posisinya (horisontal). Ada juga yang dilengkapi dengan tilt steering disamping , jadi stir bisa diatur naik turun (vertikal) untuk menyesuaikan dengan postur pengemudi.

Kunci pengaman anak terletak di pintu penumpang. Apabila kunci pengaman pada posisi lock, maka pintu hanya bisa dibuka dari luar. Fitur ini dimaksudkan untuk pengamanan apabila kita mempunyai penumpang anak kecil di belakang, yang seperti kita ketahui, biasanya anak-anak suka mencoba-coba dan menggerak-gerakkan semua hal yang baru baginya.

Informasi pada kaca-kaca mobil.

Disetiap kaca mobil selalu terdapat informasi seperti pada gambar diatas. Informasi tersebut memuat Merk Mobil dan pabrik pembuat kaca mobil tersebut. Juga ada beberapa informasi teknis. Salah satu informasi yang penting adalah tulisan Laminated dan Tempered. Laminated dan Tempered merupakan perlakuan pada kaca tersebut pada waktu proses pembuatan. Bedanya, pada laminated, kaca telah dilapisi plastik laminasi, sehingga apabila pecah, pecahannya tidak akan semburat kemana-mana tetapi tetap menyatu pada plastik laminasinya tersebut. Sedangkan Tempered, merupakan perlakuan pada proses pembuatan mobil yang apabila kaca tersebut pecah, akan membentuk kristal-kriatal tumpul yang tidak membahayakan bagi penumpangnya.

Kaca laminated biasanya ada pada kaca depan. Kaca laminated sekarang juga sudah mulai umum digunakan, pada tahun 1980-an, biasanya hanya dipakai pada mobil mewah.

Speedometer , Odometer, Tripmeter dan Penunjuk Bahan Bakar.

Speedometer adalah alat pengukur kecepatan (panah no 2), yang biasanya ditunjukkan berupa jarum dan satuan KM/H. Odometer adalah alat pengukur jarak tempuh (panah no 3) mulai dari mobil itu pertama kali digunakan, apabila odometer dalam satuan KM/H, maka angka odometer yang ditunjukkan berupa jarak dalam satuan KM.

Selain Odometer, beberapa mobil dilengkapi dengan tripmeter (gambar no 4). Tripmeter sama seperti odometer, yaitu alat pengukur jarak perjalanan, tetapi pada tripmeter, dapat di-reset (dinolkan kembali posisinya), sehingga tripmeter dapat dipergunakan untuk mengukur jarak dari suatu tempat ke tempat yang lain. Bahkan, mobil yang dilengkapi dengan tripmeter, biasanya mempunyai 2 buah tripmeter, yaitu trip A dan Trip B.

Untuk mengatur posisi tripmeter pada posisi nol, terdapat knob (gambar panah 1) yang biasanya ada pada speedometer. Jika kita memencetnya dan menahan knob tersebut, maka tripmeter akan kembali pada posisi nol, apabila kita memencetnya tetapi tidak menahannya, tripmeter akan berubah dari Trip A ke Trip B dan sebaliknya.

Ada cara untuk mengetahui konsumsi bahan bakar mobil dengan menggunakan tripmeter ini. Isi bahan bakar mobil sampai posisi full (full tank), kemudian atur posisi tripmeter pada posisi nol. Kemudian setelah mobil kita pergunakan menempuh perjalanan, isi kembali dengan bahan bakar sampai pada posisi penuh lagi. Kemudian kita lihat angka yang tertera pada tripmeter. Konsumsi bahan bakar mobil adalah: angka yang tercatat pada tripmeter dibagi dengan liter bahan bakar yang kita isikan pada tangki.

Konsumsi bahan bakar (KM/Liter) = Jarak yang ditempuh (KM) / Liter bahan bakar yang diisikan (L)

Kadang sering kita meminjam mobil teman dan harus mengisikan bahan bakar. Karena tidak biasa dengan mobil tersebut, kita tidak tahu posisi dan letak dari tangki bahan bakarnya. Untuk mengetahui sebenarnya gampang. Pada indikator bahan bakar terdapat gambar Pompa Bensin. Nah, biasanya ada tanda panah yang menunjukkan posisi dari letak tangki tersebut (lihat gambar panah 5). Tetapi ada juga mobil yang indikatornya hanya gambar pompa bensin saja, apabila tidak ada panahnya,letak gambar pompa bensin tersbut menunjukkan posisi letak tangki bahan bakar. Apabila gambar pompa bensin berada pada posisi kanan indikator, berarti tangki bahan bakar terletak disebelah kanan, dan apabila gambar pompa bensin terdapat pada posisi kiri indikator, berarti posisi tangki bahan bakar terletak disebelah kiri.

Ada yang mengatakan bahwa angka kecepatan yang terletak ditengah odometer (panah no 2) merupakan angka kecepatan optimum dan paling ekonomis pada posisi gigi tertinggi di mobil tersebut. Seperti pada gambar, posisi tengah dari kecepatan adalah 110 KM/H, berarti angka kecepatan optimum dan paling ekonomis dengan gigi tertinggi pada mobil tersebut. Terus terang saya belum menemukan referensi terkait informasi ini. Tetapi saya rasakan informasi itu benar. Beberapa referensi mengatakan bahwa kendaraan paling ekonomis bahan bakar dikisaran putaran 3000 RPM, dan memang setelah saya coba, kisaran putaran 3000 RPM tersebut, berada pada kecepatan sekitar 110 KM/H, yang terletak diposisi tengah dari speedometer. Contoh ini pada mobil Grand Livina 1.5 Ultimate Automatic.

Angka-angka pada ban.

Angka-angka pada ban mempunyai arti khusus. Ada banyak angka yang terdapat di ban, sama halnya seperti angka-angka pada kaca mobil. Ada dua angka utama yang perlu dipelajari, yaitu angka-angka yang paling besar fontnya, kemudian angka dekat pelg yang berada dalam lingkaran.

Angka dengan font paling besar seperti yang tertera pada gambar menunjukkan 185/65R15 88H, memberikan arti yang menunjukkan dimensi dari ban. Lebih detail dapat dilihat disini.

Sedangkan untuk dekat pelg yang berada dalam lingkaran menunjukkan kapan ban tersebut diproduksi. Pada gambar terdapat huruf X4711, berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke 47 di tahun 2011. Informasi ini bisa dijadikan panduan apabila anda membeli ban.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tips dan Trik dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

31 Balasan ke Beberapa fitur dan informasi di mobil yang jarang diketahui…

  1. ochimkediri berkata:

    thanks infonya..sangat bermanfaat 😛

  2. eko pujo berkata:

    terus terang sy tertarik pada foto spion tengah mobil anda,
    kalo boleh tu spion mobil apa ?
    tks.

  3. Dhany berkata:

    Ulasannya menarik gan, tapi ada yang kami bingung mengenai perbandingan mobil A yang power 114 pk max speedometernya 220 rpm sedangkan mobil B power 118 pk tetapi koq angka speedometer nya lebih kecil yakni 180 rpm,..apakah tingkat power mobil tidak berbanding dengan speedometernya?..mhon pencerahannya, thanks

  4. lelucky berkata:

    mantaap Nuhun informasina kang

  5. donni berkata:

    ulasan yg bermanfaat ,mohon pencerahan ulang..saya menggunakan toyota Rush..pada indikator tiba2 muncul “Trip A” ,mulai muncul pd km 51rb an..maksudnya gmn ya pak? ada masalah gak?..trims

  6. iwan berkata:

    Mengenai fungsi tombol di speedometer tsb, ada tri a & tip b, nah kalau kita fungsikan trips tsb apakah tidak me reset record jarak tempuh mobil tsb, mohon pencerahannya. nuhun.

  7. bobay montegobay berkata:

    Pak,,,,masih ada aja yang berdebat perkara pengisian BBM nih,,,,sebagian orang masih YAKIN klo ngisi BBM Full harus sambil digoyang-goyangkan body mobilnya,,,,padahal kan namanya zat cair memang sifatnya PASTI akan menyebar kesegala arah ya??…
    Kan ngisi bensin cair ya,,,klo tangkinya diisi biji kacang ijo baru ane setuju harus digoyang2in…

  8. jacky frans wuntu berkata:

    Saya mau tanya mengenai fitur yang ada pada mobil honda jazz di bgn petunjuk kecepatan ada tulisan AVG itu apq kepanjangannya dan apa samw seperti rpm fungsinnya?Terimakasih infonua

  9. Syahbaru Aru berkata:

    boleh minta tolong cara membuka lampu belakang utk avanza metic 2012

  10. Hollys kurniawan berkata:

    Trima kasih gan.. sangat bermanfaat sekali tidak tau akhirnya jadi tau.. dan telah aq coba….

  11. IWAN berkata:

    MAAF AGAN-AGAN BARANG KALI ADA YANG TAHU APA MAKNA / PERBEDAAN TULISAN VVT-I DISAMPING DEPAN DENGAN VVT-I DIBELAKANG ( CONTOH APANZA
    G-VVTI DITULIS DIBELAKANG SETELAH KATA G dan ADA G saja TAPI VVT-I ditulis disamping depan )

  12. IWAN berkata:

    SELAIN ITU SAYA TANYA JUGA APA ADA PENGARUH / TAHUN PEMBUATAN DARI TULISAN VVTI DIBELAKANG DAN DISAMPING TERSEBUT

    • ahmadramadlan berkata:

      Yang utama adalah penamaan dari VVT-i itu sendiri, yang merupakan singkatan dari Variable Valve Timing Ignition. Karena istilah itu menyangkut teknologi yang diusungnya.

      Mengenai peletakan, bervariasi, dan itu tergantung dari pabrikannya. Bisa juga seperti yang agan bolang, penkodean itu juga sekaligus utk menandakan tahun keluaran dari mobil tersebut.

  13. lukman prusyariah berkata:

    Gan saya aneh dgn speedo meter mobil sirion saya suka error gmn cara mengatasinya

  14. JAMAL berkata:

    GAN MAU TANYA NIH KENAPA YAH KACA BAGIAN BELAKANG PADA MOBILSIRION KOK PANAS YAH KALAU LAMA-LAMA DI SETAR

  15. Dova berkata:

    Pak, tadi saya baca di atas tentang letak tangki bbm yg tdk ada panah nya. Dstu tertulis jika gambar pompa minyak berada disebelah kanan indikator, brarti tutup tengki minyak nya ada di sebelah kanan. Dan begitu juga sebalik nya. Tapi kok gak berlaku di honda grand civic saya ya pak?

  16. She Srhie berkata:

    letak tombol spedo sblah mna gan,…..

  17. Muhlis berkata:

    Mau tanya ni gan..maksud dari gambar indikator yang gambar mobil warnanya merah trus dalamnya ad gambar kunci maksudx apa ya gan?gambar yg dimaksud terletak di bawah km,,mobil grand livina 1.5 automatic.makasih sebelumnya. 🙂

    • ahmadramadlan berkata:

      Itu tanda kalo kita mengaktifkan alarm Pak. Mobil saya juga Grand Livina, apabila kita mengunci pintu dengan memakai remote, maka artinya kita telah mengaktifkan alarm, ditandai dengan lampu merah yang berkedip di dashboard…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s