Android

Setelah 5 tahun lebih memakai BlackBerry, akhirnya saya harus mengucapkan selamat tinggal untuk smartphone ini. Keunggulan BlackBerry sudah tidak lagi mumpuni dibandingkan dengan Android. Semua keunggulannya sudah terjawab. Dulu saya suka BlackBerry karena pushmail-nya, tapi Android juga bisa dengan tampilan dan feature pushmail yang jauh lebih menawan. Yang bikin kesengsem juga media chating dengan BlackBerry Messenger, tapi ternyata ada banyak media chating yang lain yang lebih luas, seperti yang berbasis email account kayak Yahoo Messenger, G Talk dan Skype, juga yang berbasis dengan nomer handphone yang lintas platform handphone seperti whatsapp.

So, saya tidak merasa ada alasan lain untuk mempertahankan BlackBerry.

Alasan utama lainnya memakai Android karena sistemnya yang inklusif, terbuka! Dengan sistem yang terbuka kreasi menjadi tanpa batas, dan yang lebih utama lagi, inklusivitas juga akan membuat programnya menjadi murah. Terbukti, ada puluhan ribu program dengan basis Android yang siap unduh dan kebanyakan gratis tis, kalopun berbayar sangat murah sekali!!

Awalnya saya juga memandang sebelah mata pada program Android, paling cuman banyak game-nya, buat apa? Begitu pikiran saya pertama kali. Tapi begitu memasuki pasar Android, semua yang tak terbayangkan sebelumnya oleh kita, semua tersedia!

Misal, untuk layanan yang berbasis lokasi, ada banyak program Android yang memberitahu tempat makan disekitar kita. Semua dilakukan dengan sendirinya, tanpa kita perlu memasukkan data dimana kita berada,  karena didalam smartphone Android sudah dilengkapi dengan GPS. Bukan hanya tempat makan, tetapi juga layanan berbasis lokasi lainnya seperti bengkel, rumah sakit, bank, tempat ibadah, sekolah dan lainnya. Bahkan update jadwal shalat dengan sendirinya, tergantung dimana lokasi kita berada. Kita bisa juga mengetahui objek yang kita foto dengan sendirinya, setelah diadakan matching dan pencarian dengan database Google Earth, dan sebagainya! Hhmmm, takjub bukan!

Untuk layanan yang berbasis database banyak juga tersedia program yang akan memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Bagi yang bekerja dibidang kedokteran misalnya, banyak launcher program untuk ilmu kedokteran, mulai dari anatomi, ophthamology, anestesi, ginaecology dan lainnya. Ensiklopedia juga mudah dan interaktif di Android, mulai dari Britanica, Americana, Encarta sampai ke Wikipedia.

Program kamus di Android juga lebih interaktif, untuk memasukkan input data yang akan diterjemahkan misalnya, bisa dalam bentuk dokumen sehingga semuanya langsung diterjemahkan, bisa dalam bentuk suara untuk mengetahui terjemahannya, dalam bentuk foto, dalam bentuk tulisan tangan dan tentu saja dalam bentuk diketik seperti biasanya.

Dan, sangat banyak program yang bersifat tool untuk memudahkan kita, seperti untuk scientific calculator, unit converter, exchange rate converter yang live terhubung dengan  bloomberg, update untuk harga komoditi dunia dan pertambangan dunia seperti coklat, karet, emas, perak, tembaga dan juga minyak. Juga live report untuk harga saham di dunia. Ada juga program fuel log, untuk manajemen pengisian bahan bakar kendaraan mobil kita, sehingga kita mengetahui pemakaian rata-rata perliter, biaya per km, biaya rata-rata per minggu, bulan dan tahun dan seterusnya. Ada program untuk reservasi tiket kesemua airline, juga reservasi hotel. Dan sebagainya!

Bagi yang suka kreasi dan seni juga banyak pilihan program Android. Banyak program untuk editor gambar, mulai dari picasa, instagram, adobe photoshop, picsay dan ribuan program lainnya. Program untuk mengedit musik dan nada dering. Semuanya tinggal memilih di pasar Android.

Untuk orang kantoran dan sangat mobile, Android juga jawabannya! Kita bisa mencetak dokumen dari smartphone Android kita ke kantor kita atau jaringan lainnya yang sudah kita register dan share, kita juga bisa mencari-cari file kita yang ada di komputer kantor dengan smartphone Android kita, kita bisa meng-edit file tersebut dan menyimpannya kembali, kemudian secara berkala sistem Android akan mengadakan sinkronisasi untuk menyimpan mana yang paling update. Sudah tidak ada alasan lagi, dokumen tertinggal dikantor bagi orang yang mengoptimalkan smartphone Android. Sehingga kita bisa bekerja dengan maksimal, borderless, dimanapun kita berada!

Dan buat yang suka ringan-ringan, banyak program gaming yang interaktif, ada program menu masakan tiap hari, ada juga program pengontrol diet kita, program kontrol olah-raga, program acara Bioskop, program acara TV dan program tetek bengek lainnya.

Memasuki pasar Android kita akan memasuki pasar kreativitas. Ribuan programmer dari seluruh dunia berlomba untuk membuat program yang memudahkan manusia. Semuanya terbuka!

Saya merasa excited dengan Android dan sekarang saya sedang ‘meracuni’ anda, hehehe!

Selamat datang di pasar Android, bursa kreativitas dunia!

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Sekelebatan dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Android

  1. Solichin Toip berkata:

    Android mang ok mas. Sy sndri menggunakannya, sayng bgt batrenya rada boros. Punya tipsnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s