Keraton Ratu Boko yang Eksotik!

Tanggal 27 Desember 2012 yang lalu kami ke keraton Ratu Boko. Eksotik, itulah kesan yang kami dapatkan!

Keraton Ratu Boko berada di ketinggian sekitar 300 meter dpl, dari atas ketinggian tersebut kita bisa melihat Candi Prambanan di kejauhan, yang terletak sekitar 3 km bila ditarik garis lurus. Dan (nah ini yang sangat saya sayangkan, karena gak sempat melihatnya), dari atas ketinggian tersebut kita bisa melihat dua peristiwa besar setiap hari yang memancarkan keindahan alami, terbit dan terbenamnya matahari. Gunung Merapi juga terlihat dengan anggunnya dari kawasan Keraton Ratu Boko ini.

Apabila anda mau kesana, dan juga belum pernah ke Candi Prambanan, disarankan untuk mengambil tiket terusan Candi Prambanan – Ratu Boko seharga Rp 45 ribu. Dengan tiket tersebut kita bisa hemat Rp 10 ribu (bila terpisah, Candi Prambanan tiketnya Rp 35 ribu dan Candi Boko sendiri Rp 20 ribu), dan yang lebih penting lagi, apabila kita mengambil tiket terusan, sudah termasuk shuttle bus dari Candi Prambanan ke Keraton Ratu Boko pp. Lebih baik ikut shuttle bus tersebut daripada membawa kendaraan sendiri, karena jalan menuju Keraton Ratu Boko menanjak tajam.

Keraton Ratu Boko tidak jauh dari Candi Prambanan. Apabila kita dari arah Jogja, jika kita mau ke Candi Prambanan, kita mengambil ke arah kiri dari perempatan Prambanan, maka untuk menuju ke arah Keraton Ratu Boko kita mengambil ke arah kanan. Jika membawa kendaraan sendiri, disarankan untuk tidak berhenti di Parking Area pertama, karena kita masih akan menempuh jalan kaki dijalan berundak yang cukup tinggi. Lebih baik parkir di area kedua, dimana kendaraan kita akan menempuh perjalanan yang menanjak, tetapi nantinya kita akan berhenti di area parkir depan Cafe yang tidak jauh dari situs Keraton Ratu Boko.

Keraton Ratu Boko, dengan luas areal 25 HA, sebuah kawasan yang amat mempesona yang berada di ketinggian sehingga kita bisa melihat keindahan alam dibawahnya. Pada waktu kita kesana kebetulan lagi musim hujan, sehingga kita akan melihat kawasan yang sangat hijau dengan lapangan rumput yang luas. Menurut informasi dari guide, jika pada waktu musim panas, kawasan Ratu Boko akan menjadi kawasan yang tandus bila musim kemarau, pantaslah, jika dikawasan keraton terdapat bak penampung air dalam ukuran besar.

Keberadaan Ratu Boko sendiri sangat misterius. Keberadaannya tertulis disebuah prasasti Hindu, itupun dengan informasi yang minim. Sebuah literatur lain mengatakan, bahwa boleh jadi Keraton Ratu Boko merupakan istana Ratu Bilqis dalam kisah Nabi Sulaiman. Literatur tersebut menyampaikannya dengan beberapa argumen seperti yang tercantum didalam Al Quran. Kesamaan nama seperti Bilqis dengan Boko, daerah Sleman dengan Nabi Sulaiman dan juga kisahnya yang tertulis dalam Al Quran Surat Saba dengan Wanasaba merupakan salah satu argumennya, disamping argumen lain seperti pada link ini dan juga satu link yang lainnya.

Apapun bisa terjadi, wallahu a’lam bissawab, hanya Allah-lah yang maha tahu.

Blog1 - Pintu gerbang Ratu BokoBlog2 - menuju pintu utamaBlog4 - pintu gerbang dilihat dari atas

Blog3 - Selasar dilihat dari candi

blog5 - plaza di pintu gerbang

Blog6 - view dari ratu boko

blog7 - gerbang menuju pemandian

blog8 - panggung terbuka

Blog9 - pemandian

blog10 - keputren

Blog11 - bagian dalam keputren

Blog12 - tangga menuju pendopo

blog12 - view dari boko cafe

Blog13 - prambanan diliat dari cafe kurang lebih 3 km

Pos ini dipublikasikan di Perjalanan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Keraton Ratu Boko yang Eksotik!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s