Arsip Kategori: Renungan

Perjalanan mencari kebenaran…

Tulisan yang dibuat oleh Eka Pratama, Alumni Teknik Mesin ITB ini, sangat menggugah saya. Sehingga saya merasa perlu meng-copas-nya. Tulisan tersebut sempat menjadi viral di medsos, yang terbit pada saat memasuki 10 Ramadan terakhir 1438H. Ada banyak persamaan dengan pengalaman … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Renungan | Tag , , , , | Meninggalkan komentar

Semua ditundukkan oleh Allah untuk manusia…

Pernahkah anda membayangkan, awal kehidupan manusia ketika pertama kali kita diciptakan? Saya membayangkan yang ada hanyalah daratan dengan hutan yang masih perawan. Ada beragam jenis hewan yang tumbuh didalamnya. Juga ada lautan yang membentang luas, yang didalamnya terdapat ikan dan … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Renungan, Uncategorized | Tag , , , | Meninggalkan komentar

Teladan…

Kadang, kita terlalu melambung tinggi, mencari teladan dari orang terkenal, sosialita, selebriti atau pesohor yang namanya selalu menghiasi jagad informasi. Dan kemudian kita hanya kecewa, karena orang-orang yang kita kagumi jauh dari sikap teladan. Mungkin kita pernah ngotot mati-matian membela … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Renungan | Tag , , | 5 Komentar

Amal yang Saleh, Bukan Amal yang Salah!

Saya pernah tinggal di Denpasar Bali selama hampir setahun. Dibandingkan dengan kebanyakan daerah lain di Indonesia, tinggal di Bali sangatlah berbeda suasananya. Bali dikenal sebagai tempat tujuan wisata internasional, dan penduduk Bali juga mayoritas adalah Hindu yang berbeda dengan mayoritas … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Renungan | Tag , , , , | Meninggalkan komentar

Tangan dan kaki berbicara…

Normalnya, seperti pada umumnya yang dialami manusia yang masih hidup, semua anggota badan kita bisa dalam kontrol kita. Jika kita menghendaki membuka mata, maka kelopak mata membuka, jika kita mau melihat kearah kanan, bola matapun melirik kearah kanan. Demikian juga … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Renungan | Tag | 1 Komentar

Malas…

Malas itu penyakit, dimusuhi tapi enggan dilepaskan. Malas itu menimbulkan banyak kerugian, disadari kalau bikin rugi, tapi tetap dipertahankan. Malas itu hilang timbul, kesuksesan seseorang ditentukan oleh bagaimana ia dapat sebanyak mungkin menghilangkan malas, sedang kemiskinan, keterpurukan, kebodohan, ketertinggalan karena … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Renungan, Uncategorized | Tag , , | Meninggalkan komentar

Salah duga…

Tidak terencana sebelumnya, seorang teman mengajak saya mengunjungi Gua Payudan di Sumenep. Saya langsung mengiyakan, karena sudah lama dengar tentang Gua Payudan ini. Gua Payudan berada di Kecamatan Guluk-Guluk Sumenep, merupakan tempat petilasan dan pertapaan leluhur orang Madura seperti Pottre … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Perjalanan, Renungan | Tag , , | Meninggalkan komentar

‘Diam’

Ada banyak istilah yang mungkin berkonotasi sama dengan ‘diam’, seperti meditasi, instropeksi diri, retreat, perenungan, rehat dan sebagainya. Dan semua kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan ketika kita ‘diam’ dengan tenang, berhenti dari kegiatan yang lain, memusatkan perhatian, tidak tegang  dan … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Renungan | Tag , , | Meninggalkan komentar

Usia…

“Panjang umurnya, panjang umurnya, panjang umurnya serta mulia, serta mulia… serta mulia…!”. Walaupu itu lagu yang salah kaprah, kayaknya gak bakalan ada yang bisa mengubah deh, hehehe. Jelas salah kaprah, wong umur sudah ditentukan, dan semakin hari semakin berkurang, kok … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Renungan | Tag , , , , , | Meninggalkan komentar

‘Saya lebih baik daripada dia!’

Suatu hari Allah SWT berfirman kepada Nabi Musa AS: ‘Hai Musa, jika kamu nanti akan bertemu dengan-Ku lagi, bawalah seseorang yang menurutmu, kamu lebih baik daripada orang itu.’ Nabi Musa-pun pergi mencarinya, blusukan ke berbagai tempat untuk menemukan orang yang … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Renungan | Tag , | 2 Komentar